Menteri Pertanian Adakan Kuliah Umum di UHO – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Menteri Pertanian Adakan Kuliah Umum di UHO

Ketgam: Menteri Pertanian RI Dr Ir H A ndi Amran Sulaiman

KENDARI, BKK– Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman menyempatkan diri memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), Jumat (13/1), sebelum kembali ke Jakarta setelah mengikuti sejumlah agenda kunjungan kerjanya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Di sela-sela kuliah umum yang dibawakannya, Amran Sulaiman  mengatakan, pencapaian kementerian pertanian  semenjak 32 tahun yang lalu masih tergantung dengan impor beras

“Tahun ini kita tidak mengimpor beras dan bawang lagi,  bahkan dapat mengekspor bawang. Impor jagung kita turun 66% terbesar dalam sejarah,” katanya.

Saa ini juga, lanjutnya, pemerintah fokus dalam program peningkatan sapi siwab (sapi indukan wajib bunting).

“Kami pun akan membangun lumbung pangan di perbatasan agar dapat mensuplay negara lain, kami akan membuat lumbung pangan dunia ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, menteri yang berlatar pengusaha ini juga memberikan bantuan kepada Fakultas Pertanian UHO berupa traktor berjumlah 2 unit, kemudian hand tractor 10 unit, pupuk tanaman,  bantuan benih dan pengembangan lahan pertanian yaitu kebun  laboratorium lapangan  yang ada di Moramo seluas 250 hektar.

Wakil Rektor II UHO, Hilaluddin   mengatakan, kedatangan menteri pertanian merupakan hal yang sangat luar biasa. Ia pun mengapresaisi langkah Amran Sulaiman yang konsen terhadap pangan nasional  dan hasilnya dapat dikembangkan dengan lebih baik.

“Dengan kedatangan menteri pertanian merupakan suatu berkah dan rahmat bagi UHO,” tuturnya.

Dekan Fakultas Pertanian UHO, Tufaila Hemon  menambahkan,  sejumlah bantuan menteri pertanian tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa fakultas pertanian.

Mahasiswa di semua fakultas yang ada di UHO bisa ikut menggunakannya, termasuk masyarakat umum yang tertarik melakukan proses belajar mengenai ilmu pertanian.

Sementara itu, mantan Rektor  UHO, Usman Rianse mengatakan, bantuan yang diberikan menteri ini merupakan sesuatu yang luar biasa sekaligus sebagai pembuktian bahwa Fakultas Pertanian UHO bisa mencapai target yang diharapkan. (p12/b/nur)

To Top