Faperta UHO, Kantongi Penelitian Terbanyak di Kemenristekdikti – Berita Kota Kendari
Beranda

Faperta UHO, Kantongi Penelitian Terbanyak di Kemenristekdikti

Ketgam: Dr Ir Teguh Wijayanto MSc Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Pertanian UHO

KENDARI, BKK– Sebanyak 30 judul penelitian dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Halu Oleo (UHO), lolos sebagai penerima dana penelitian dan pengabdian masyarakat  di 2017  ini oleh kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti).

Berbagai spesifikasi penelitian yang diterima kemenristekdikti, yang terdiri penelitian dasar fundamental 1 judul , penelitian hibah kompetensi 1 judul, penelitian produk terapan (PPT) 8 judul , penelitian strategi nasional (STR) 1 judul. Selanjutnya, penelitian master plan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) 4 judul, penelitian  unggul perguruan tinggi (PUPT) 8 judul, penelitian  dosen muda 5 judul, penelitian hibah pasca 1 judul dan hibah doktor 1 judul.

Saat ditemui Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Ir Teguh Wijayanto MSc mengatakan, setiap tahun kemenristekdikti membuka usulan penelitian. Setiap dosen diharapkan untuk mengajukan proposal penelitian dengan bermacam-macam skema yang ada dan masing-masing memiliki syarat.

“Tidak semua pengajuan judul penelitian bisa lolos di dikti. Alhamdulillah di UHO Faperta sebagai salah satu fakultas dengan jumlah penelitian terbanyak yang didanai oleh dikti, bila dibandingkan fakultas lain,” ucap Teguh, Jumat (13/1).

Katanya, setiap judul proposal penelitian yang diajukan ke kemenristekdikti, dibuat oleh satu tim yang di dalamnya terdapat dua sampai tiga dosen.

“Jadi, saat ini sudah hampir semua dosen di lingkup fakultas pertanian berpartisipasi dalam pengajuan proposal penelitian di kemenristekdikti. Di UHO kami hanya bersaing dengan fakultas MIPA dan fakultas perikanan sebagai fakultas dengan judul terbanyak yang lolos di kemenristekdikti,” ungkapnya.

Berbagai judul penelitian dosen faperta yang disetujui kemenristekdikti, lanjutnya, memiliki banyak nilai tambah. Salah satunya meningkatkan nilai akrediasi fakultas.

Ke depannya, pihaknya akan mengenjot agar semua dosen di Faperta UHO bisa mengajukan proposal penelitian di kemenristekdikti. Olehnya itu, pihaknya akan mengadakan pelatihan-pelatihan pembuatan proposal, terutama kepada dosen yang belum pernah lolos proposal dan juga kepada dosen-dosen muda.

“Saya yakin dengan berpartisipasinya dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan penelitian, dapat meningkatkan sumber daya manusia, terutama untuk mahasiswa karena akan menambah pengetahua n dan wawasan mereka,” pungkasnya. (p12/b/nur)

To Top