Beranda

Diambil Alih Pemprov, Kebersihan Eks MTQ Diacuhkan Pemkot

Ketgam: Tampak Tumpukan Sampah di MTQ Squer. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pasca Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengambil alih kembali pengelolaan Eks MTQ Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terkesan acuh dengan kawasan yang pernah dikelolanya itu. Beberapa hari terakhir, sejumlah tumpukan sampah nampak dibiarkan tertumpuk di sejumlah titik kawasan tersebut, namun petugas kebersihan ogah mengangkutnya.

Sejak dua pekan terkahir, kawasan Eks MTQ memang nampak dibersihkan anggota Satuan Polisiasi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Hanya saja, sampah yang dikumpulkan tak kunjung diangkut petugas kebersihan Pemkot Kendari yang sehari-hari bertugas mengangkut sampah.

“Sampah yang kita kumpul harusnya mereka (petugas kebersihan, red) angkut, tapi ini dibiarkan saja begitu. Makanya tadi (kemarin, red)  atasan kami berinisiatif datangkan satu mobil truk sendiri untuk mengakut sampah yang sudah kami kumpulkan,” terang salah satu anggota Satpol PP yang enggan menyebutkan namanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kendari, Tin Farida mengatakan, sekarang ini yang mengelola kawasan Eks MTQ  adalah Pemprov Sultra dan bukan lagi Pemkot Kendari. Sehingga menurutnya, secara keseluruhan, termasuk kebersihannya adalah tanggungjawab pemprov.

“Sebenarnya saya sudah melaporkan terkait kebersihan di Eks MTQ ini, namum karena mereka (pemprov, red) sudah ambil alih kembali, sehingga kami tidak memberikan perawatan terutama kebersihannya,” ungkap Tin Farida saat diwawancarai di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, Jumat (13/1).

Terlebih lagi, lanjutnya, pihak Pemprov Sultra selaku pengelola tidak pernah berkoordinasi dengan DKPP Kendari. Padahal jika ada perintah, pihaknya pasti akan membersihkan kawasan tersebut.

“Memang saya menyadari saat ini sampah-sampah sudah menumpuk di Eks MTQ, bahkan kami sudah mendiskusikannya. Hanya saja kebersihannya bukan lagi menjadi tanggungjawab kami,” paparnya.

Namun demikian, tambahnya, jika Pemprov Sultra menggandeng DKPP Kendari dalam hal menjaga kebersihan kawasan Eks MTQ, pihaknya bersedia. terlebih kawasan tersebut berada dalam wilayah Kota Kendari.

“Tapi sejauh ini belum ada komunikasi terkait itu,” tandasnya. (cr6/b/nur)

To Top