Pendidikan

Baubau Siap Gelar UNBK

ilustrasi

BAUBAU, BKK –  Tahun sebelumnya, Kota Baubau gagal menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena beberapa kendala, diantaranya jaringan listrik dan internet. Akan tetapi di 2017 ini, sejumlah sekolah di daerah tersebut telah siap UNBK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, Drs H Masri MPd optimis rencana tersebut akan terealisasi. Walaupun dari seluruh sekolah penyelenggara UN, tidak semua akan menerapkan UNBK.

“Sekolah yang akan menerapkan UNBK baru 10 sekolah, diantaranya 4 SMAN, 3 SMKN, dan 3 SMPN. 10 sekolah ini telah siap baik sarana dan prasarananya untuk menyelenggarakan UN tanpa kertas,” terangnya saat ditemui, Jumat (13/1).

Guna memaksimalkan UNBK tersebut, lanjutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN  dan Telkom Baubau.

Khusus jaringan internet telkom, katanya, saat pelaksanaan UNBK nanti akan lebih stabil dan kecepatannya 10 kali lipat dari yang ada sekarang karena memakai Viber Optic.

“Sudah koordinasi, mereka siap,” katanya.

Dikatakannya, 10 sekolah yang direkomendasikan pihaknya untuk melaksanakan UNBK, masih akan diferivikasi oleh kemendikbud.

“Kita tinggal menunggu saja,” ungkapnya.

Sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK, katanya,  juga telah bersiap, namun tidak hanya persiapan untuk UNBK saja, melainkan juga tetap melakukan persiapan UN dengan lembar jawaban komputer (LJK).

“Kami masih siapkan LJK karena jangan sampai nanti sudah siap melaksanakan UNBK, namun realisasinya masih harus melaksanakan UN dengan LJK,” tandasnya.

Pelaksanaan UN untuk SMA dan SMK tambahnya, akan berbeda waktunya. Untuk SMA akan digelar tanggal 3 hingga 6 April, sementara SMK akan digelar 10 hingga 13 April.

Keuntungan dari perbedaan waktu itu kata dia, SMA bisa menggunakan fasilitas di SMK dan sebaliknya SMK juga dapat menggunakan fasilitas komputer di SMA. (k2/b/nur)

To Top