Asrun: Pemkot Belum Keluarkan Izin Pembangunan Pasar Rakyat Kadia – Berita Kota Kendari
Beranda

Asrun: Pemkot Belum Keluarkan Izin Pembangunan Pasar Rakyat Kadia

Ketgam: Tampak Rangka Kios di Pasar Rakyat Kadia Sudah Terbangun. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Permasalahan pasar rakyat Kadia bukan hanya terkait sengketa lahan. Pembangunan pasar yang didirikan oleh pihak yang mengklaim sebagai pemilik lahan, juga belum memiliki izin prinsip.

Wali Kota Kendari, Asrun mengatakan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin terhadap pembangunan pasar rakyat Kadia yang terletak di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari tersebut. Apa lagi, lanjutnya, lokasi atau tanah pembangunan pasar tersebut merupakan milik warga.

“Kami tidak pernah mengeluarkan izin pembangunan pasar rakyat Kadia, sebab lokasinya tanahnya milik orang. Jadi kami tidak bisa memberikan izin pembangunan pasar tersebut,” ungkap Asrun Kamis (12/1).

Selain itu, menurutnya, di lokasi tersebut tidak cocok dijadikan pasar sebab akan mengurangi keindahan penataan kota. Bahkan dapat mengganggu pengunjung taman-taman yang tidak jauh dari area pasar tersebut.

Untuk diketahui, rencananya ribuan pedagang akan siap menempati pasar rakyat Kadia. Para pedagang ada yang berasal dari korban kebakaran pasar baru 2010 lalu, juga ada dari pedagang di sekitar lokasi pasar itu.

Sementara itu, Muhiddin Saleh selaku perwakilan pedagang mengatakan, sebenarnya pembangunan pasar rakyat Kadia sudah diagendakan sejak 2013 yang lalu. Namun, sampai saat ini pembangunannya tidak pernah terealisasi sebab sedang terjadi sengeketa lahan.

“Padahal kami selaku masyarakat kecil sangat mengharapkan agar pasar rakyat Kadia ini dapat terbangun.Oleh karenanya, kita sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah, sehingga kami pedagang kecil dapat berdagang dengan baik dan layak,” tambahnya. (Cr6/b/nur)

To Top