Rajiun Aqiqahan Anak, Puluhan Ribu Warga Hadir – Berita Kota Kendari
Headline

Rajiun Aqiqahan Anak, Puluhan Ribu Warga Hadir

Ketgam: LM Rajiun memberikan sambutan kepada puluhan ribu warga yang menghadiri acara syukuran aqiqah anaknya, Sabtu (7/1). Insert foto kedua anaknya, LM Rahmad Raihan dan Wa Ode Rahma Raiza.

RAHA,BKK– Mantan Pj Bupati Muna Barat yang kini calon bupati, LM Rajiun Tumada bersama istri Hj Herlina Jie menggelar aqiqahan anak kembar mereka, LM Rahmat Raihan Jie Tumada dan Wa Ode Rahma Raiza Jie Tumada di halaman kediaman mereka di lingkungan Tiworo Tengah, Sabtu (7/1).

Acara aqiqahan digelar dalam bentuk pesta rakyat. Sekitar 30-an ribu warga Muna Barat dari seluruh kecamatan datang menghadiri pesta rakyat. Termasuk warga dari pulau-pulau sekitar datang dengan menggunakan kapal dan perahu tempel (katinting).

Sejak pagi hingga malam hari, warga terus berdatangan secara bergantian, sehingga tenda yang dipersiapkan panitia yang berjumlah sekitar 100 buah tenda tak pernah kosong.

Sebenarnya, pihak keluarga sudah mengatur kedatangan tamu berdasarkan kecamatan, misalnnya pagi haris giliran warga dari kecamatan Kusambi Raya pada pagi hari, lalu kecamatan Maginti dan Lawa Raya saat siang, dan untuk kecamatan Tiworo Raya pada sore hari. Namun warga yang datang umumnya mau bertahan dari pagi hingga sore atau dari siang hingga sore hari sehingga tenda tak pernah kosong.

Warga yang datang ada yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, sehingga lahan perkebunana di sekitar rumah LM Rajiun disulap menjadi areal parkir.

Petugas dari Dinas Perhubungan dibantu Satgas Brigade Soliwunto dengan susah payah mengatur lalu lintas dan kendaraan yang keluar masuk di aera parkir.

Namanya juga pesta rakyat, warga yang datang berlomba-lomba mengambil makanan yang disediakan panitia. Seperti lapa-lapa, daging sapi, kambing, ayam goreng, ikan, hingga buah-buahan.

Informasi dari panitia keluarga besar LM Rajiun menyembelih 25 ekor sapi, 40 ekor kambing, dan 5.000 ekor ayam. Ada juga ratusan kilogram ikan, udang, dan kerang. Namun rupanya, jumlah sapi, kambing, dan ayam yang disembelih tidak semuanya dari keluiarga LM Rajiun. Sejumlah warga yang secara sukarela menyumbang sapi dan ayam, seperti dilakukan Ikatan Supir Kusambi menyumbang satu ekor sapi.

Warga nelayan dari pulau-pulau menyumbang ratusan kilogram ikan, udang, dan kerang.

Rasa kebhinekaan atau keberagaman di Mubar begitu terasa dalam acara itu. Bahasa Muna, Bugis, Bajo, Jawa, dan Bali, terdengar hangat dari masing-masing komunitas warga yang hadir.

Walaupun berbeda bahasa, namun diantara mereka tetap bertegur sapa penuh kekeluragaan.

Salah seorang warga dari Pajal mengaku dia datang bersama ratusan warga lainnya untuk menghadiri undangan LM Rajiun. “Beliau sangat memperhatikan keadaan kami di pulau. Saat jadi bupati beliau memperbaiki jalan dan memberikan bantuan kepada kami. Makanya ketika ada undangan kami datang beramai-ramai,” kata La Uba ditemui di lokasi acara.

Bukan saja masyarakat biasa yang hadir, sejumlah pejabat dari Pemprov, Pemkab Muna dan Muna Barat  tampak banyak yang hadir.

Dari Pemprov hadir Sekda Lukman Abunawas didampingi sejumlah pejabat, lalu Pj Bupati Muna Barat Rony Yakub juga didampingi sejumlah pejabat eselon II dan II, dan Ketua DPRD Muna Mukmin Naini tak ketinggalan.

LM Rajiun dalam sambutannya menyatakan rasa syukurnya bahwa dalam perjalanan menghadapi Pilkada, dia telah diberi anugrah anak oleh Allah Swt, yakni anak kembar laki-laki dan perempuan.

“Ini adalah benar-benar rezeki yang tak ada nilainya. Anak kami kembar laki-laki dan perempuan, dan kami beri nama LM Rahmad Raihan Jie Tumada dan Wa Ode Rahma Raiza Jie Tumada,” kata Rajiun.

Rajiun menyatakan, dia sekeluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam acara itu walaupun undangannya hanya disampaikan  secara lisan.

“Ini tidak ada kaitannya dengan pilkada, walaupun posisi kami sebagai calon, tetapi acara hari ini adalah murni acara syukuran aqiqah anak kami. Bagi saya semua warga di Mubar ini adalah keluarga semua, makanya kami sangat berterima kasih kehadiran anda semua,” ujar Rajiun.

Dalam kesempatan itu, Rajiun sempat mengingatkan kepada seluruh warga yang hadir agar tetap menjaga silaturahmi, karena dia mendnegar ada informasi, ada pihak tertentu yang datang lalu menghembuskan isu tak sedap ada acara aqiqahan anaknya.

“Saya memohon maaf jika dalam acara ini terdapat kekurangan, misalnya makanan terlambat datang. Namanya juga pesta rakyat, jadi silahkan mengurus pribadi masing-masing. Panitia sudah berusaha maksimal untuk mempersiapkan segalanya. Jika ada kekuarangan itu karena kami sebagai manusia adalah sumber kekhilafan,” katanya.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan tari Linda dari siswi SMA Negeri 1 Tiworo.

Di sela-sela acara, Rajiun tak pernah lelah menerima salaman dari warga yang hadir. Bahkan, dia dengan ramah berkeliling hapir di seluruh tenda, untuk menyalami warga yang hadir. Di antara warga yang hadir ada yang cium tangan, dan memeluk Rajiun, serta ada pula yang mengajaknya berfoto bersama. (lex)

To Top