Pemda Kolut Serahkan Aset ke Kejagung # Untuk Lahan Pembangunan Kantor Kejari – Berita Kota Kendari
Headline

Pemda Kolut Serahkan Aset ke Kejagung # Untuk Lahan Pembangunan Kantor Kejari

luis/BKK
Bupati Kolut, Rusda Mahmud saat menyerahkan hiba Pemda Kolut atas sebidang tanah untuk Kantor Kejaksaan pada Kajati Sultra, Sugeng Djoko Susilo, Jumat (6/1).

LASUSUA, BKK – Bupati Kolaka Utara (Kolut), Rusda Mahmud secara resmi menyerahakan hiba aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), berupa sebidang tanah untuk pembangunan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka Utara pada Kejaksaan Republik Indonesia.

Penandatanganan MoU serah terima aset dan penyerahan aset Pemkab Kolut ini, secara resmi digelar, Jumat (6/1) malam, di pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kolut, yang diserahkan langsung Bupati Kolut, Rusda Mahmud pada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra, Sugeng Djoko Susilo SH MH, Kajari Kolut yang mewakili Kejaksaan RI. Pendatanganan MoU di lakukan Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, Andi Fachruddin SH MH, yang di hadiri para pejabat lingkup Pemkab Kolut.

Dalam sambutanya, Rusda Mahmud menegaskan, penyerahan aset Pemda dalam bentuk hiba ini merupakan bentuk nyata dukungan Pemkab Kolut terhadap keberadaan instansi-instansi vertikal di Kolut.

Rusda berharap aset ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya dalam hal penegakan hukum dan supermasi hukum yang adil di Kolaka Utara.

“Karena kami sadar instansi vertikal itu dananya bukan tidak ada tapi butuh waktu lama untuk proses pengadaanya. Sementara kami di sini masih menggunakan tagine Pak Juzuf Kala (JK), lebih cepat lebih baik, jadi ini kita saling membantu. Namun dalam hal tugas pokok masing-masing Kejaksaan dan Pemda  tidak saling mencampuri kewenangan masing-masing,” tegas Rusda.

Rusda mengungkapkan pihaknya saat ini sedang gencar melakukan program safari shalat lima waktu dalam bentuk intruksi bupati. Ini untuk lebih melatih moral Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkup Pemda Kolut dari pendekatan keagamaan.

“Salah lima waktu (Salamatu) bertujuan untuk meramaikan masjid yang di harapakan dengan shalat ASN dilingkup Pemda Kolut dapat bermental baik dan bermoral dalam memberikan pelayanan serta mengemban amanah negara,” kata Rusda.

Rusda mengharapkan dengan program Salamatu tidak ada lagi ASN di Lingkup Pemda Kolut yang tersandung dengan persoalan hukum.

Sementara itu, Kajati Sultra, Sugeng Djoko Susilo, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyerahan aset Pemkab Kolut ini. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, ini penghargaan besar buat kami, mudah-mudahan keikhlasan Bapak Bupati ini mendapat ridho dari Allah SWT,” ungkap Kajati.

Kajati menegaskan, dirinya sudah berpesan ke pihak Kajari Kolut aset ini dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, serta membina hubungan baik dengan Pemkab Kolut.

“Saya sudah pesan pada Kejaksaan Kolaka Utara, untuk menjaga hubungan baik dengan Pemda. Memberikan masukan hukum dan pendampingan hukum dalam setiap program agar tidak terjadi pelanggaran dalam pengelolaan keuangan,” ujar Sugeng. (k6/c/lex)

To Top