Dua Tahun Ambrol, Dua Jembatan di Kabaena Tak Kunjung Diperbaiki – Berita Kota Kendari
Aktualita

Dua Tahun Ambrol, Dua Jembatan di Kabaena Tak Kunjung Diperbaiki

Salah satu mobil truk pengangkut bahan bangunan yang jatuh di jembatan yang terletak di desa Ulungkura kecamatan Kabaena Tengah beberapa waktu lalu. Foto; Ahmad Ridha/BKK

RUMBIA, BKK – Dua jembatan di Kabaena Tengah tepatnya di desa Ulungkura dan Lengora Selatan kerusakan parah, keduanya ambrol pada bagian sisi jembatan.

Kerusakan ini sudah berlangsung selama dua tahun lamanya, akibatnya seluruh kendaraan roda empat yang melewati jembatan tersebut mengalami kesulitan.

Kendati keduanya terletak dijalan poros dan merupakan jembatan penghubung antara Kabaena Timur dan Kabaena Barat, namun hingga kini belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Akibat kerusakan ini, sejumlah sopir kendaraan mengeluh sebab kendaraan milik mereka jatuh dan tertinggal selama beberapa hari akibat tidak dapat melewati jembatan rusak itu.

“Parah juga ini jembatan, kita ini sudah dua hari tinggal disini. Mobil kami jatuh dan tertanam,” keluh salah seorang sopir truk yang enggan menyebut identitasnya akhir pekan kemarin.

Pria asal Kota Baubau ini mengatakan, harusnya Pemkab Bombana tanggap terhadap kerusakan jembatan tersebut sebab dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

“Kita ini mau bawa dua truk oli drum di PT Surya Saga Utama (SSU), tadinya kami hanya target dua hari perjalanan, tapi karena terkendala dengan jembatan rusak akhirnya jadi satu minggu,” ujarnya.

Dikonfirmasi soal kerusakan ini camat Kabaena Tengah, Rajman mengatakan pihaknya telah menyampaikan kerusakan dua jembatan tersebut kepada Pemkab Bombana melalui instansi terkait.

“Masalah kerusakan dua jembatan ini sudah kita sampaikan kepada instansi terkait baik di Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD), maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan alhamdulillah direspon positif. Insya Allah tahun ini sudah dikerja,” kata, Rajman saat dikonfirmasi, Sabtu (7/1).

Dirinya berharap, rencana Pemkab Bombana untuk melakukan perbaikan terhadap kedua jembatan tersebut segera terealisasi mengingat akhir-akhir ini selalu dikeluhkan oleh pengguna jalan yang melewati jembatan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Bombana, Ridwan SSos yang dikonfirmasi Berita Kota Kendari (BKK) Minggu (8/1) mengaku, perbaikan kerusakan jembatan tersebut akan segera terealisasi.

Hanya saja kata Ridwan, untuk pembangunannya akan dikerjakan oleh instansi teknis, yakni Dinas PU setempat.

“Kalau tidak salah, tahun ini juga sudah dikerja itu jembatan, cuma yang saya tau baru yang di Desa Lengora Selatan. Insya Allah tahun ini sudah dikerja,” ungkap Ridwan. (cr2/b/lex)

To Top