DPRD Dukung Pemkot kendari terus Kembangkan TPAS Puuwatu – Berita Kota Kendari
Beranda

DPRD Dukung Pemkot kendari terus Kembangkan TPAS Puuwatu

TPAS puuwatu

KENDARI, BKK – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk terus mengembangkan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat D

aerah (DPRD) setempat. Pasalnya, rencana tersebut dinilai dapat memberi manfaat bagi masyarakat maupun daerah.

Ketua DPRD Kota Kendari, Samsuddin Rahim yang ditemui pekan lalu mengungkapkan, upaya Pemkot Kendari dalam mengembangkan TPAS Puuwatu telah membuahkan hasil yang baik. Terbukti, TPAS tersebut telah meraih penghargaan terbaik di tingkat nasional.

“Kami dari DPRD selalu berupaya untuk mendukung kebijakan pemkot sepanjang itu bermanfaat bagi warga Kota Kendari. termasuk TPAS ini kita sudah liat sendiri hasilnya seperti apa,” ujar Samsuddin.

Rencana perluasan lahan TPAS, sampai pada pembangunan wadah pariwisata di kawasan tersebut, menurttnya, akan mendapat dukungan penuh dari DPRD. Utamanya terkait pengalokasian anggaran yang menjadi pendukung utama terwujudnya program pemerintah ini.

“Dari segi anggaran pasti kami dukung,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Asrun mengatakan, TPAS Puuwatu yang telah berhasil dikembangkan menjadi kawasan ramah lingkungan, kini akan disulap lagi menjadi salah satu objek pariwisata. Baru-baru ini, di lokasi TPAS ini telah diadakan flying fox, salah satu permainan yang belakangan ini digemari masyarakat untuk menguji adrenalin.

“Flying fox yang ada sekarang ini, itu baru berjarak 200 meter. Ke depan kami akan melakukan penambahan dengan jarak 500 meter biar lebih ekstrim dan menantang,” kata Asrun.

Selain itu, ungkap Asrun, kawasan TPAS ini juga akan disulap menjadi warna-warni dan akan menjadi wadah bagi pemuda-pemuda kreatif di Kota Kendari untuk menyalurkan bakatnya, seperti melukis dan kieahlian-kelahliahn lainnya. Dengan begitu, wisatawan akan semakin tertarik untuk berkunjung di kawasan tersebut.

Saat ini, Pemkot Kendari juga tengah membangun puluhan perumahan semi permanen di kawasan TPAS Puuwatu. Nantinya, rumah-rumah tersebut akan ditempati warga di sekitar lokasi TPAS yang kebanyakan bekerja sebagai pemulung.

Keberhasilan Pemkot Kendari menyulap dan mengolah TPAS ini yang kemudian berhasil mempoduksi gas metane, telah menarik sejumlah pihak untuk datang langsung di lokasi tersebut. Sejumlah pemerintah daerah dari sejumlah provinsi di Indonesia telah berkunjung untuk melakukan studi banding. Bahkan beberapa menteri dan pihak dari luar negeri telah berkunjug langsung di kawasn tersebut. (nur)

To Top