Capaian PBB Kendari 2016, Jauh dari Target – Berita Kota Kendari
Beranda

Capaian PBB Kendari 2016, Jauh dari Target

KENDARI, BKK –  Capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang ditargetkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di 2016 lalu yakni Rp 23 miliar. Namun demikian, yang berhasil dicapai jauh dari target tersebut.

Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kendari, Nahwa Umar yang ditemui belum lama ini mengungkapkan, PBB Kendari yang tercapai di 2016 lalu hanya Rp 61 persen atau Rp 14 miliar. Jika dihitung per sektor pajak, PBB sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terendah.

“Kalau dibandingkan dengan sektor pajak yang lain seperti pajak penerangan jalan kemudian tempat hiburan malam dan rumah kost, PBB ini memang penyumbang PAD terendah di 2016,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penyebab tidak tercapainya target PBB tersebut karena banyak pemilik lahan yang luas di Kota Kendari berdomisili di luar daerah. Sehingga, hal ini menyulitkan petugas untuk melakukan penagihan.

“Namun kami telah memberikan warning kepada pemilik lahan bahwa kami akan melapor ke kejaksaan, jika yang bersangkutan tidak segera menyeleesaikan kewajibannya memnayar PBB,” terangnya.

Berdasarkan pengalaman di 2016 lalu, lanjut Nahwa, di 2017 ini pihaknya akan lebih tegas. Bagi pemilik lahan yang tidak mengindahkan teguran atau mangkir dari kewajiban membayar PBB, maka lahannya akan menjadi hak milik Pemkot Kendari.

Ditambahkannya, meski target PBB tidak tercapai, namun secara keseluruhan persentase PAD Kota Kendari khususnya di sektor pajak mencapai 98 persen.

“Ini lompatan prestasi Dispenda Kendari yang cukup menggembirakan dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya menyumbang PAD 75 persen dari target,” tandasnya. (nur)

To Top