Tarif Naik, Warga Serbu Kantor Samsat Baubau – Berita Kota Kendari
Headline

Tarif Naik, Warga Serbu Kantor Samsat Baubau

Ketgam: Suasana kantor Samsat Baubau yang banyak diserbur warga sebelum berlakunya tarif baru pajak kendaraan.

BAUBAU, BKK – Tidak seperti biasanya, Kamis (5/1) kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Baubau terlihat membludak. Ratusan warga antri mengurus biaya penerbitan maupun perpanjangan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pasalnya Jumat (6/1) pemerintah pusat sudah menerapkan biaya baru yang naik 100 persen.

Almuddin, warga Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro mengaku sengaja datang untuk mengurus pajak tahunan kendaraan bermotor. Pasalnya kata dia, esok harinya tarif baru sudah mulai diberlakukan. Almuddin sendiri mengaku sudah mengantri satu jam karena banyaknya warga yang juga datang dengan keperluan yang sama.

“Besok kan katanya sudah naik 100 perse, tiga kali lipat mi katanya. Jadi mumpung masih murah kita datang,” katanya ketika ditemui di kantor Samsat Baubau.

Hal yang sama juga diungkapkan Irfan. Ia mengaku sengaja datang mengurus keperluan kendaraan karena masih tarif normal, dan dinilai masih murah. Sebelum tarif naik, ia pun rela mengantri bersama ratusan masyarakat yang sudah memenuhi kantor tersebut sejak awal dibuka.

“Belum, belum selesai. Masih tunggu tanda tangan,” kata Irfan yang hendak mengurus mutasi plat nomor sepeda motornya.

Kepala Urusan Registrasi dan Identifikasi (Kaur Regident) Samsat Kota Baubau, IPTU Syahrul membenarkan kantornya diserbu warga yang hendak melakukan pengurusan kelengkapan kendaraan. Hari terakhir sebelum tarif baru diberlakukan, hampir 2.000an warga wajib pajak datang berbondong-bondong.

“Kalau hari biasa itu sampai tiga ratusan, hari ini karena terakhir sebelum naik harganya, saya lihat hampir dua ribuan,” tuturnya.

Meski hari terahir sebelum tarif baru diberlakukan, Samsat Baubau tetap akan memberlakukan pelayanan seperti biasa, yakni hingga pukul 4 sore. Apalagi Bank di Baubau juga akan tutup di jam yang sama.

“Rata-rata urus pajak tahunan,” katanya. (k2/c/lex)

To Top