85 Dosen Stikes MW Tingkatkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – Berita Kota Kendari
Pendidikan

85 Dosen Stikes MW Tingkatkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Keterangan Gambar : La Djabo B SKM MKes

KENDARI, BKK–  Sebanyak 85 dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya (Stikes MW) Kendari lagi-lagi melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Stikes MW Kendari, La Djabo SKM M Kes mengatakan, untuk meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Stikes MW di 2017 akan menjalankan beberapa program penunjang keberhasilan dosen.

“Stikes MW di 2017, akan menjalankan program kegiatan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat yakni pelatihan bedah klinik, pelatihan pengiriman usulan melalui website ke kemenristekdikti dan workshop penulisan artikel ilmiah yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat,” ungkap La Djabo saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Kamis (05/01).

Selain itu, lanjutnya, Stikes MW juga melakukan pertemuan evaluasi dan perencanaan penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen peneliti lokal dan untuk meningkatkan nilai akreditasi kampus.

“85 dosen stikes yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berasal dari lima jurusan, yakni jurusan keperawatan, kesehatan masyarakat, jurusan farmasi, analis kesehatan dan tehnik elektromedis,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk pelatihan pengiriman usulan proposal penelitian melalui website ke kemenristekdikti dan workshop penulisan artikel ilmiah yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat, pihaknya akan menghadirkan pemateri yang profesional di bidangnya dan berpengalaman dalam penulisan artikel ilmiah.

“Rencananya kami akan bekerjasama dengan instansi pemerintah kabupaten atau kota, kemudian dinas kesehatan dan rumah sakit, untuk menunjang dan mendukung berkembangnya penelitan dosen di masyarakat” ujarnya.

Ia menjelaskan, pentingnya dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, tidak lepas dari adanya sinergitas terhadap program-program pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan dan kesehatan masyarakat.

La Djabo mengharapkan, dengan meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat, kualitas dosen Stikes MW tidak kalah bersaing dengan dosen di universitas negeri. Pihaknya juga berharap agar masyarakat mendapatkan edukasi kesehatan dan pengalaman yang berharga, ketika Stikes MW melakukan pengabdian kepada masyarakat.(p11/c/nur)

To Top