Walikota Lantik 593 PNS di Penghujung Tahun – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Walikota Lantik 593 PNS di Penghujung Tahun

Walikota Baubau, AS Tamrin saat melantik 593 PNS Kota Baubau di gedung Maedani Betoambari, Sabtu (31/12). Foto: La Ode Adnan Irham

BAUBAU, BKK – Di penghujung tahun ini, Walikota Baubau, DR H AS Tamrin MH melantik para pejabat dan PNS lingkup Pemkot Baubau. Pelantikan yang digelar, Sabtu (31/12) di Gedung Maedani Betoambari, juga tidak digelar seperti biasanya. Selain merupakan yang terbanyak selama ia menjabat, juga digelar pertama kali di luar kantor Walikota Baubau yang selama ini menjadi lokasi pelantikan para PNS.

Dalam kesempatan yang sama, AS Tamrin juga melantik pejabat untuk mengisi pimpinan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru dibentuk, sesuai dengan perintah UU no 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Beberapa kepala SKPD lama juga berganti posisi ke tempat yang baru.

Dalam kelembagaan baru tersebut, beberapa dinas dan badan ada yang dilebur menjadi satu dinas, ada pula yang mekar menjadi dinas lain. Salah satu dinas yang dilebur yakni Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang bergabung ke Badan Pengelola Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah.

Untuk dinas yang mekar diantaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) memekarkan Dinas Pemuda dan Olahraga, sedangkan Dikmudora berganti nama menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian Badan Komunikasi Informasi Perpustakaan Pengolahan Data dan Arsip Daerah juga memekarkan satu dinas yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Badan Kominfo kini menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika.

Beberapa pejabat eselon II yang dilantik menjadi kepala di SKPD baru diantaranya, Sadarman menjabat sebagai Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, ia sebelumnya diposisikan sebagai Staf Ahli Sekda. La Ode Darussalam yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, dilantik menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Tamsir Tamim yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Pendapatan Daerah, diroling menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda. Maulana Gafur kini ditempatkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, ia sebelumnya menjabat sebagai Kadis Tata Kota dan Bangunan. Sedangkan beberapa nama lain tetap berada di posisinya.

Dalam pelantikan yang sama, AS Tamrin juga mengganti beberapa Kepala Bagian (Kabag), Kepala Bidang (Kabid), dan tiga orang camat yakni Camat Batupoaro, Camat Kokalukuna, dan Camat Sorawolio.

AS Tamrin MH dalam sambutannya mengatakan, pelantikan tersebut tidak hanya terjadi di Kota Baubau saja, namun di seluruh daerah kabupaten, kota dan provinsi seluruh Indonesia. Hal itu berdasarkan amanat UU no 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah. Terkait mekanisme penempatan itu, juga sudah melalui tahapan dan petunjuk undang-undang dan peraturan.

“Bersama Baperjakat (Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan) kita sudah seleksi dan evaluasi dan berdasarkan penilaian,” katanya.

Dia berharap pejabat dan PNS yang telah dilantik untuk tetap menjalankan tugas sesuai dengan fungsi masing-masing. Lanjutnya lagi, dalam SK disebutkan jika sewaktu-waktu terdapat kekeliruan dalam pelantikan, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

“Kalau nanti salah dan keliru kita ganti lagi, tapi mudah-mudahan tidak ada yang keliru,” tutur AS Tamrin bernada bercanda. (k2/c/aha)

To Top