Aneka

Pemkab Konkep Jadikan Wisata Sebai Ikon # Amrullah Ajak Masyarakat Deteksi Potensi Wisata Alam

LANGARA, BKK – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) atau lebih dikenal dengan Pulau Wawonii, selain memiliki bentuk pulau yang unik yakni berbentuk hati, juga memiliki banyak potensi wisata alam baik wisata pantai, air terjun maupun situs budaya.

Dengan kondisi seperti itu, tak heran jika Pemerintah Daerah (Pemda) setempat menjadikan pariwisata sebagai salah satu ikon pengawal untuk membangun Kabupaten terbungsu di Sulwesi Tenggara (Sultra) tersebut.

Meningkatkan potensi wisata yang ada di Pulau Kelapa, Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendeteksi potensi wisata alam yang ada di Pulau Wawonii.

“Cukup banyak potensi wisata yang kita miliki, tapi saat ini baru tiga potensi wisata alam yang kita kembangkan, yaitu Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan Situs Budaya Benteng Watuntinapi yang semuanya terletak di Kecamatan Wawonii Utara, sehingga pada kesempatan ini saya sampaikan kepada seluruh camat dan tokoh masyarakat untuk mendeteksi potensi wisata yang ada di Kecamatan masing-masing kemudian melaporkan ke Pemerintah Daerah untuk kita kembangkan,” katanya.

Lebih lanjut Amrullah menjelaskan bahwa tiga potensi wisata alam yang dikembangkan tersebut yakni Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan Benteng Watuntinapi diberi tagline Kanopi yang bermakna sebagai payung alam.

“Tiga wisata alam ini yakni Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan Benteng Watuntinapi kita beri tagline Kanopi, Kanopi ini kalau kita artikan kurang lebih bermakna sebagai payung alam, lembah hutan yang masih hijau, rimbun dan diperkirakan belum tersentuh oleh manusia, itu disebut Kanopi, sehingga tagline ini saya kira mewakili tujuan kita untuk mengembangkan potensi wisata alam sekaligus menjaga kelestariannya,” jelasnya saat melaunching tenunan khas Wawonii di Pantai Kampa, Senin (2/1). (k4/c/lex)

To Top