ASITA Dorong Pengembangan Pariwisata Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

ASITA Dorong Pengembangan Pariwisata Sultra

Keterangan Gambar : Rahman, Ketua ASITA

KENDARI, BKK– Asosiation of Indonesian Tour and Travel (ASITA) terus berupaya mengembangkan objek wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu dilakukan agar objek wisata Sultra dapat dijual ke wisatawan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASITA, Rahman menjelaskan, ASITA merupakan asosiasi perjalanan wisata dan travel yang membawahi biro perjalanan wisata (BPW) san agent perjalanan wisata (APW) atau penjualan tiket. BPW merupakan biro yang menyelenggarakan tour dan travel.

Ia menilai, masih banyak objek-objek wisata di Sultra yang belum terjual ke wisatawan, baik ke wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk itu, di bawah kepemimpinannya di ASITA, pihaknya akan terus berupaya menggali potensi kemudian mengembangkan objek wisata Sultra sehingga bisa dijual ke wisatawan.

“Saat ini kita sementara mengembangkan potensi Kendari II Airfield di Lanud Halu Oleo Konsel. Jadi kita pelan-pelan, dengan target kita bisa kembangkan potensi di seluruh kabupaten/kota,” ungkap Rahman di Sektetariat ASITA, Selasa (02/01).

Rahman menambahkan, Sultra terdiri 15 kabupaten dan dua kota, sehingga hal itu membuat daerah ini kaya akan beragam budaya, seni, tradisi, serta makanan khas daerah.
Ia menilai, Sultra kaya akan potensi pariwisata, tinggal bagainana potensi itu digali kemudian diperkenalkan kepada wisatawan.

“Saya ingin, di semua kabupaten/kota, objek wisatanya kita buka, kita kenal, kita lestarikan kemudian kita jual,” tutur Rahman.

Selain dapat meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata, lanjut Rahman, pengembangan pariwisata juga dapat menimbulkan multy plier efek terhadap perekonomian masyarakat menegah ke bawah.

“Jika objek wisata kita bagus, banyak yang berkunjung, tentu akan memberdayakan masyarakat sekitar, mulai dari pedagang makanan, souvenir, hotel, retauran, tenaga kerja dan lain sebagainya itu akan meningkat pendapatannya,” tutur Rahman.

Ia mengungkapkan, ASITA akan terus berupaya mendorong pengembangan objek wisata di Sultra. Sebab menurut dia, Sultra kaya akan keberagaman.

“Potensi kita banyak, tinggal bagaimana koordinasi dan kerja sama yang dibangun dalam pengelolaannya,” tutupnya.(p11/c/nur)

To Top