Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kecang – Berita Kota Kendari
Beranda

Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kecang

ilustrasi

KENDARI, BKK – Ini peringatan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ada indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra) selama seminggu kedepan.

Deputi Bidang Meteorologi, Yunus S Swaritono melalui siaran pers kepada Berita Kota Kendari, Rabu (28/12), menjelaskan, peningkatan potensi hujan lebat ini diperkirakan akan berlangsung mulai 28 Desember 2016 hingga 2 Januari 2016.

Sehingga, dia meminta warga Sultra untuk waspadai dampak yang dapat ditimbulkan dari peningkatan potensi hujan lebat tersebut.

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” ungkap Yunus.

Kepada pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir, BMKG juga mengimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di Perairan Utara Kepulauan Natuna dan Anambas, Laut China Selatan, Laut Arafuru, Perairan Utara Halmahera, Perairan Kep Sangihe dan Talaud.

Selain Sultra, Wilayah di Indonesia, yang akan merasakan dampaknya antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep.Riau, Jambim, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua bagian Tengah.(p12/c/nur)

To Top