# Pengembangan Kampus IAIN dan Pemda Konsel Gagas Kerja Sama – Berita Kota Kendari
Headline

# Pengembangan Kampus IAIN dan Pemda Konsel Gagas Kerja Sama

MARWAN/BKK
Ketgam:Wakil Bupati Konsel, Arsalim saat menerima kunjungan Rektor IAIN, Dr Nur Alim MPd, di ruang kerjanya.

ANDOOLO, BKK – Wakil Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) DR H Arsalim SE MSi menerima kunjungan kerja Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Rabu (28/12).

Kunjungannya Rektor IAIN Kendari Dr Nur Alim MPd bertujuan melakukan audiensi bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel dalam rangka pengembangan kampus IAIN Kendari. IAIN Kendari memliki lahan kampus yang sangat terbatas sementara animo mahasiswa baru untuk menimbah ilmu di kampus tersebut sangat tinggi.

Rektor IAIN Kendari melalui Wakil Rektor ll DR H Pairin MA kepada mengatakan, IAIN Kendari saat ini sedang melakukan pengembangan lahan kampus, karena animo masyarakat terus bertambah.

“Dimana daya tampung kampus IAIN sekarang sudah over kapasitas, akhirnya di 2016 pendaftar calon mahasiswa baru sebanyak 1500 orang, namun yang bisa kami akomodir hanya berjumlah 926 orang saja, ungkapnya.

“Semua ruangan sudah terisi, akhirnya jam belajar mahasiswa seharian, yaitu dari jam 6 pagi sampai dengan jam 6 sore, dimana jumlah mahasiswa sekarang 3. 800 orang, kami juga sekarang memiliki mahasiswa asing dari Thailand sebanyak 6 orang, ” tambahnya.

Terkait pengembangan wilayah kampus IAIN tersebut Pemda Konsel sangat meresponnya, bahkan rencannya akan dibuatkan kerjasama atau Memorandum Of Understanding (MoU).

“Jadi kalau ada siswa tidak mampu serta siswa berprestasi dari Konsel yang tidak mempunyai biaya maka pihak IAIN Kendari akan menampungnya,” ungkap Arsalim di ruangannya usai menerima kunjungan Rektor IAIN Kendari.

Menurutnya, pihak IAIN akan melakukan pembangunan kampus di Konsel yaitu di Kec Ranomeeto, mereka sudah ada lahan namun rencananya mereka juga akan beli putus lahan warga yang ada di sekitar kampus. “Kita akan cek di lapangan agar tidak bertentangan dengan tata ruang Kab. Konsel,” ujarnya.

Dikatakan, pihak IAIN juga akan membuka fakultas peternakan, itu sejalan dengan visi misi Kab. Konsel yang akan menjadi lumbung peternakan sapi di 2017. (k8/b/lex)

To Top