Pendidikan

Pemda dan DPRD Butur Sepakati Beasiswa Pendidikan Rp 1,5 M

Ilustrasi

BURANGA, BKK – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) bersama DPRD setempat khususnya komisi III sepakat menggolontorkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar yang diperuntukan untuk memberikan  kesempatan bagi siswa berprestasi dan tak mampu melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Anggaran tersebut sudah ditetapkan beberapa waktu lalu pada saat pembahasan dan penetapan KUA PPAS APBD tahun 2017 Butur, sehingga masuk dalam porsi APBD tahun depan ini.

Ketua Komisi III DPRD Butur, La Ode Abdul Manan Gani mengungkapkan sebetulnya Pemda mengusulkan anggaran sebesar Rp 3 Miliar. Namun, dengan melalui pembahasan yang cukup panjang, maka disepakati untuk awal percobaan dengan anggaran yang sudah disepakati tersebut.

“Ini masih awal percobaan, sehingga kita sepakati dulu setengah dari usulan, nanti bisa ditingkatkan lagi anggarannya untuk tahun berikutnya,” ungkap Manan ketika ditemui di aula Bappeda usai menghadiri acara Rapat Koordinasi antara Pemda Butur dan Forum Kumikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan puluhan kepala desa se Butur, kemarin.

Meskipun anggaran program pemberian beasiswa pendidikan yang diperuntukan bagi siswa berprestasi dan tak mampu untuk  melanjutkan pendidikan tinggi tersebut  tidak sebesar apa yang diharapkan politisi PAN ini, namun paling tidak apa yang  dari tiga tahun lalu dia perjuangkan sudah terwujud.

“Cukup bersyukur, karena apa yang saya perjuangkan sudah terwujud. Ini tidak lain, karena wujud kepedulian akan peningkatan SDM, yang muaranya untuk pembangunan daerah juga,”imbuhnya.

Paman, panggilan akrab La Ode Abdul Manan Gani ini menambahkan, setidaknya anggaran beasiswa pendidikan tersebut  mampu membiayai SPP dan tempat tinggal mahasiswa disalah satu universitas negeri unggulan. Sedangkan mekanisme pemberian beasiswa itu, nantinya akan diatur dalam peraturan bupati (Perbub).

“Teknisnya nanti yang kelola kan Dinas Pendidikan, untuk mekanisme dan persyaratan lainnya pastinya akan diatur dalam Perbub,” pungkas Paman.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Muh Yasin menuturkan,  pemberian beasiswa pendidikan merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya diperuntukkan bagi putra daerah yang potensial menjadi cikal bakal penerus bagi pendahulunya dilingkup pemerintahan dan berbagai sektor lainnya demi kemajuan Buton Utara.

“Siapa yang berhak mendapatkan beasiswa itu kelak, nantinya akan melalui seleksi yang ketat sehingga pemberian beasiswa tepat sasaran  berdasarkan regulasi yang ada,”tuturnya.

Terkait kualitas calon penerima beasiswa tersebut, pihak Dinas Pendidikan Butur akan memberikan kewenangan kepada kepala sekolah khususnya di satuan pendidikan menengah atas untuk merekomendasikan siswanya yang berprestasi dan tak mampu yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan pendidikan. (k5/b/lex)

To Top