Beranda

Komisi II Akan Tindak Lanjuti Hasil Sidak THM Disperindagkop

Ilustrasi

KENDARI, BKK– Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari berencana akan melakukan inspeksi dadakan (sidak), di semua Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Kendari.

Agenda ini merupakan kegiatan rutin komisi II setiap tahunnya. Namun kali ini, sidak yang akan dilakukan sekaligus sebagai upaya tindak lanjut terkait hasil sidak Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, yang menemukan masih banyaknya THM di Kota Kendari beroperasi tanpa izin dan ada juga yang izin operasinya sudah berakhir.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan turun sidak untuk menindak lanjuti temuan dari Disperindagkop,” terang wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Subhan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/12).

Dalam sidak yang akan dilakukan komisi II nanti, lanjut dia, sanksi yang akan diberikan tidak lagi main-main, mengingat toleransi yang sebelumnya diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sudah terlalu banyak.

“Kita akan beri sanksi tegas bagi mereka yang melanggar karena untuk kebijaksanaan sudah terlalu sering kita berikan dan ini akan kami buktikan ketika turun nanti,” tukasnya.

Politikus  PKS ini juga menambahkan, selain THM yang menjadi sasaran, pihaknya juga akan melakukan sidak di kios-kios eceran untuk mengantisipasi peredaran minuman lokal.

“Kita tidak hanya fokus pada minuman berlabel di THM tapi kita juga akan sidak di kios kecil untuk memantau penjulan minuman keras olahan rumah tangga yang pasti ramai beredar saat tahun baru,” jelas Subhan.

Untuk itu, berkaitan dengan agenda ini dia juga meminta kepada semua pihak seperti kepolisian dan Satun Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) Kota kendari, untuk ikut terlibat dalam pengawasan peredaran miras olahan rumah tangga.

“Saya berharap kepolisian dan satpol PP bisa ikut mengawasi peredaran miras lokal, karena biasanya minuman ini ramia dikonsumsi ketika tahun baru, dimana dampaknya sangat merugikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop Kota Kendari, Ida Riaynti ditemui terpisah menjelaskan, temuan Disperindagkop dari hasil sidak yang dilakukan beberapa waktu lalu, dari empat THM yang menjadi sasaran ditemukan satu THM yang mati izin penjualan mirasnya.

“Kita sudah lakukan sidak sebelumnya, tapi hanya empat THM saja. Sebagai tindak lanjut dari sidak sebelumnya, kita masih akan lakukan lagi sidak bersama dengan DPRD Kota kendari untuk memastikan semua THM patuh terhadap aturan,” pungkasnya.(Cr5/c/nur)

To Top