9 Warga Tiongkok yang Dicegat Mahasiswa Bukan TKA Ilegal – Berita Kota Kendari
Beranda

9 Warga Tiongkok yang Dicegat Mahasiswa Bukan TKA Ilegal

KENDARI, BKK–  Sembilan warga Tingkok yang sebelumnya dicegat sekelompok mahasiswa karena dianggap Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal, telah diperiksa pihak imigrasi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, mereka ternyata bukanlah TKA ilegal.

Berdasarkan keterangan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Muhamad Kiti, TKA yang dicegat  mahasiswa, Selasa (27/12), merupakan TKA yang akan bekerja di perusahaan tambang di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Sangat disayangkan dalam insiden tersebut, kaca belakang minibus yang di tumpangi  para TKA ini pecah akibat amukan puluhan mahasiswa yang melakukan pencegatan,” ungkap Kiti saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Rabu (28/12).

Kiti menjelaskan, kedatangan TKA asal Tiongkok tersebut ke Kendari hanya numpang lewat. Pasalnya, dengan melewati Kendari jarak yang ditempuh akan lebih dekat menuju Morowali, dibanding lewat Makassar.

“Jadi mereka baru datang dari Tiongkok, lewat Jakarta, kemudian dari Jakarta ke Kendari. Nah, dari Kendari mereka akan langsung ke Morowali,” terang Kiti.

Ia mengatakan, saat ini sembilan TKA tersebut masih sementara diamankan oleh pihak kepolisian, untuk kemudian diberangkatkan ke Morowali.

Menurut Kiti, saat ini pihak kepolisian juga sedang melakukan pemeriksaan terkait pencegatan dan penyerangan yang dilakukan  mahasiswa terhadap TKA tersebut. Sejumlah saksi juga telah diperiksa.

Pihaknya berharap, kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Ia juga menghimbau semua pihak agar bekerja sama dalam melakukan minitoring terhadap TKA yang masuk di Sulawesi Tenggara.

“Kami berharap semua pihak bekerja sama untuk menangani permasalahan TKA di Sultra. Jika ada temuan-temuan serupa, harap laporkan segera ke pihak imigrasi,” tutupnya.(p11/p12/b/nur)

To Top