Sekda Konawe Sidak PNS Malas – Berita Kota Kendari
Aktualita

Sekda Konawe Sidak PNS Malas

IRMAN/BKK
Ketgam : Sekda Konawe H Ridwan Lamaroa saat melakukan sidak didampingi Kabag humas Ameruddin.

UNAAHA, BKK – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe H Ridwan Lamaroa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dinas, badan dan kantor lingkup setempat. Sidak tersebut merupakan bentuk penindakan bagi para PNS yang kerap bermalas-malasan usai libur.

“Sidak kita lakukan rutin usai lubur. Dan Termasuk usai tahun baru nanti,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/12).

Ia mengaku perihatin, pada saat sidak masih banyak PNS yang belum hadir. Paling tidak kata dia, hanya ada sekitar 50 persen. Baik kepala SKPD maupun stafnya.

Dinas yang dianggapnya kurang disiplin yakni Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) serta Diknas.
“Saya langsung memberikan teguran kepada kepala SKPD-nya. Dan absen saya ambil untuk saya tindak lanjuti. Harus ada sanksi,” paparnya.

Sedangkan dinas yang bagus kedisiplinannya yakni BKKBN, BP4K dan Peternakan.

Ia mengatakan, jumlah PNS di Konawe sudah terlalu banyak. Bahkan kalau dirata-ratakan setiap tahun anggaran (APBD) hanya bisa membiayai belanja tidak langsung. Sehingga alokasi untuk belanja modal itu minim.

Sedangkan untuk  alokasi pembangunan fisik, Pemkab Konawe kerap masih terus berharap  dana perimbangan atau transfer dari pusat.

“Jadi PNS ini betul-betul kita tekan untuk disiplin. Karena hampir 50 persen APBD itu diserap hanya untuk membiayai gaji PNS. Biar tidak makan gaji buta. Dan nati usai libur tahun baru kita akan sidak lagi. Kita akan akumulasikan. Sanksinya tehas dan jelas sudah diatur dalam disiplin PNS,” tambahnya. (cr4/c/lex)

To Top