Pemkot Kembali Distibusikan ZIS – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Kembali Distibusikan ZIS

Ketgam: Suasana penyalura . (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali mendistribusikan Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) periode keempat tahun 2016 yang berjumlah Rp 189,7 juta. Penyaluran zakat tersebut dilakukan di Aula Bertakwa Kendari, Selasa (27/12).

Koordinator Pendistribusian Zakat Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, masyarakat Kota Kendari yang mendapatkan ZIS berasal dari keluarga yang kurang mampu. Olehnya, sebelum ditetapkan sebagai penerima ZIS pihaknya terlebih dahulu melakukan pengecekan di lapangan agar tepat sasaran.

“Pendistribusian ZIS periode keempat tahun 2016 ini adalah bantuan miskin atau penghafal Al Qur’an yang berjumlah 60 orang masing-masing diberikan Rp 500 ribu, sehingga totalnya Rp 30 juta. Bantuan kepada fakir miskin sebanyak 170 orang masing-masing diberikan Rp 500 ribu yang tersebar dari beberapa kecamatan yang ada di Kendari dengan total Rp 85 juta rupiah,” ungkap Abdul Rauf.

Selanjutnya, katanya, bantuan untuk warga mualaf sebanyak 20 orang, masing-masing Rp 500 ribu dengan total Rp 10 juta, kemudian bantuan perbaikan biaya satu unit rumah senilai Rp 7,5. Selanjutnya bantuan guru mengaji sebanyak 38 orang total bantuan diberikan Rp 19 juta dan bantuan khitanan sebesar Rp 14,6 juta serta bantuan operasional dari Baznas sebesar Rp 23 juta.

“Sejak terbentuknya Baznas Kota Kendari sejak tahun 2014 lalu, total dana yang kita distribusikan kurang lebih Rp 2 miliar. Saldo yang ada di rekening kami saat ini sebesar Rp 8.622 ,” paparnya.

Dikatakannya, saldo yang ada saat ini sangat sedikit, sebab per triwulan pihaknya menyalurkan dana ZIS tersebut. Pihaknya tidak pernah menyimpan dana yang mesti tersalurkan tersebut.

“Selain mendistribusikan ZIS kepada masyarakat, kami juga menggelar khitanan massal gratis yang diikuti sebanyak 70 peserta. Semua peserta yang mengikuti khitanan massal ini berasal dari keluarga yang tidak mampu,” terangnya.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga yang menrimanya. (Cr6/c/nur)

To Top