Kemendagri Puji Kinerja Protokoler Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Kemendagri Puji Kinerja Protokoler Kendari

Foto: Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri Republik Indonesia, Dr Agus Fatoni. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Agus Fatoni memuji kinerja protokoler Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Pujian itu diungkapkannya saat menghadiri sosialisasi tata cara keprotokolan bagi pejabat lingkup Pemkot Kendari, Selasa (27/12).

Agus Fatoni mengatakan, kinerja protokoler Kendari sudah sangat baik. Hal itu, menurutnya, dibuktikan dalam menggelar kegiatan selalu berlangsung dengan lancar dan aman hingga usai.

“Kami harap kinerja kinerja protokolan di Kendari bisa terus membaik, apa lagi dengan adanya kegiatan sosialisasi protokolan yang dihelat hari ini,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, protokol itu diwajibkan untuk memiliki kemampuan yang paripurna. Olehnya, yang bertugas di bagian protokol baik yang bertugas pejabat dibagian protokol dan di bagian Hubungan Masyarakat (Humas), harus memiliki kemampuan yang lebih.

“Hal itu disebabkan karena bukan karena yang berkaitan dengan substansi, tapi juga untuk menghandle suatu acara dan memiliki kemampuan tampil di hadapan publik serta memiliki kemampuan di lapangan,” paparnya.

Makanya, katanya, protokol itu harus dipilih betul-betul. Kemudian, diberikan peluang untuk dipromosikan dan melahirkan kader.

Diakuinya, tingkat kesulitan protokol itu situasional yang kadang-kadang memang situasi dan keadaan yang berbeda, membutuhkan kecepatan kemudin profesionalisme, sehingga di setiap kegiatan atau event bisa diminimalisir tingkat kesalahan

“Tapi menurut saya secara umum protokol di pemerintah daerah (Pemda), sudah bisa menjalankan tugasnya dengan baik,”pungkasnya.

Dikatakannya, ilmu protokolan sangat perlu dipahami seluruh penyelenggara pemerintah. Sebab,  protokol itu adalah yang mengatur acara resmi dan acara kenegaraan. Makanya, semua lapisan pemerintahan mulai dari tingkat pusat sampai dengan kelurahan, harus memahami protokol.

Menanggapi hal itu, Kasubag Protokoler Kendari Nurhaeda mengaku berterimah kasih atas sanjungan yang diberikan pihak Kemendagri itu. Pihaknya berjanji, akan terus mempertahankan kredibiltias mereka dalam menjalankan profesinya sebagai protokoler.

“Ke depan kami akan terus berupaya untuk lebih meningkatkan kinerja kami sebagai prokoler dengan inovasi-inovasi. Tentu dengan koordinasi dengan kepala biro yang memang ahli di bidang itu, sehingga dalam memimpin suatu acara yang dilakukan Pemkot Kendari bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tambahnya. (Cr6/b/nur)

To Top