Enam Warga Kabupaten Buton Disambar Petir, Dua Tewas – Berita Kota Kendari
Aneka

Enam Warga Kabupaten Buton Disambar Petir, Dua Tewas

Korban sambaran petir saat dievakuasi warga dari tempat kejadian menuju RSUD Kabupaten Buton. Foto Humas Polres Buton

PASARWAJO, BKK – Enam orang warga di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton disambar petir. Dua diantaranya langsung tewas di tempat, sementara empat lainnya kritis. Peristiwa itu terjadi Senin sore sekitar pukul 15.00 WITA, tepatnya di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIk mengatakan, keenam warga tersebut sedang berekreasi di perbukitan kampung lama Liwu Takimpo. Saat itu tiba-tiba terjadi hujan disertai guntur dan kilat, petir kemudian menyambar keenamnya secara bersamaan. Setelah kejadian, keenam warga langsung dilarikan ke RSUD Kabupaten Buton untuk diberi perawatan intensif.

“Setelah selesai pemeriksaan, kedua korban meninggal dunia langsung dibawa pulang ke rumah duka,” kata Kapolres.

Dua warga yang meninggal yakni Abdul Malik (30) dan La Muhlidin. Sedangkan empat warga lainnya yakni Harsan (29), Junaedi (27), Surawati (36) dan Wa Oni (17).

Ditemui di RSUD Kabupaten Buton, Selasa (27/12) salah satu korban Surawati mengakui saat itu mereka sementara rekreasi di gunung kampung lama Liwu Takimpo. Saat itu kata dia kondisi hujan tidak lebat, hanya rintik-rintik, namun keenamnya berada di dalam sebuah gubuk untuk berteduh.

Tidak lama dia tidak sadarkan diri, Surawati sadar pertama kali, ketika bangun sudah melihat kelima lainnya sudah terbaring, sementara dua orang terlihat gosong akibat disambar petir. Dia langsung menelpon kerabat yang berada di perkampungan untuk minta tolong. Lokasi kejadian yang jauh dari perkampungan membuat keenamnya tiba di kampung sekitar pukul 17.30 WITA dan langsung dibawa warga ke RSUD Kabupaten Buton.

“Saya ini bangun pertama, pas bangun saya lihat mi mereka sudah pingsan semua, saya telpon orang di kampung,” katanya yang saat ini masih dirawat di UDG RSUD Kabupaten Buton.

Dia juga menyebut, kedua korban sudah dimakamkan di pemakaman setempat, keduanya dimakankan berdekatan. Sedangkan dua orang yang sempat dirawat sudah diizinkan pulang ke rumah masing-masing. Dua lainya, termasuk Surawati masih dirawat. (k2)

To Top