Pendidikan

Dr Zamrun Penulis Jurnal Terbanyak di UHO

Dr. Zamrun

KENDARI, BKK– Universitas Halu Oleo (UHO) merupakan salah satu universitas terbanyak dalam publikasi jurnal. Penulis berafiliasi UHO di Scopus berjumlah 162 orang dan penulis dengan publikasi terbanyak adalah Dr Muhammad Zamrun Farihu S Si M Si M Sc, dengan jumlah publikasi 11 dokumen.

Zamrun menjelaskan, total publikasi UHO hingga Juni 2016 adalah 161 dokumen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir adalah 43,46 persen.

Ia menyebutkan, sebanyak 77,64 persen publikasi UHO merupakan artikel jurnal ilmiah, sedangkan publikasi dalam bentuk makalah prosiding seminar sebanyak 19,88 persen.

“Jumlah publikasi UHO terus naik dari tahun 2008, walaupun sempat mengalami penurunan pada tahun 2014, tetapi naik kembali di tahun berikutnya,” ujar Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuna Alam (FMIPA) ini saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/12).

Ia juga menuturkan, tren riset UHO dilihat dari subjek bidang ilmu pulikasinya adalah pertanian dan biologi, teknik, fisika dan astronomi, ilmu lingkungan, biokimia, genetika dan biologi molekuler.

Dikatakannya, UHO banyak bekerja sama dengan lembaga di dalam maupun di luar negeri, seperi Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Kebangsaan Malaysia, dan University of Fukui.

“Ada pun kolaborasi dengan negara lain paling banyak dengan Malaysia, Jepang dan Australia,” tutur Zamrun.

Zamrun mengakui, berkat banyaknya jumlah publikasi dokumen UHO berhasil meningkatkan rating UHO di Indonesia. Saat ini, rating UHO menempati urutan 38 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Ia juga mengungkapkan, sampai 2016 ini, telah menulis banyak jurnal, baik lokal, nasional bahkan jurnal internasional. Sejauh ini, Zamrun mengakui sudah menulis 24 jurnal ilmiah internasional.

Ia mengatakan, menulis jurnal ilmiah merupakan keharusan bagi orang yang berprofesi dosen. Untuk itu, jurnal yang ditulis oleh dosen seluruhnya dimuat di scopus.

“Saya tidak pernah dikonfirmasi dengan kementerian sebelumnya, hanya diumumkan saja bahwa saya adalah orang dengan publikasi terbanyak di UHO,” tutupnya.(p11/b/nur)

To Top