Diduga Ilegal, Sejumlah TKA Asal Tingkok Dicegat Mahsiswa #Mobil Yang Ditumpangi TKA Dirusaki – Berita Kota Kendari
Beranda

Diduga Ilegal, Sejumlah TKA Asal Tingkok Dicegat Mahsiswa #Mobil Yang Ditumpangi TKA Dirusaki

Ketgam : Puluhan Mahasiswa UMK Saat Menahan Mobil Yang Diduga Ditumpangi TKA Ilegal. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK– Sejumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang diduga masuk ke Indonesia dengan acara ilegal,  kembali dicegat  puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) di jalan By Pass Brigjen M Joenoes Kendari, Selasa (27/12), sekitar pukul 10.30 wita. Dalam insiden tersebut, kaca belakang minibus yang di tumpangi para TKA pecah akibat amukan puluhan mahasiswa yang melakukan pencegatan.

Beruntung pihak kepolisian yang mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi kejadian, dengan sigap mengamankan situasi. Puluhan mahasiswa yang melakukan pencegatan terhadap kendaraan WNA yang melintas di jalan raya tersebut, langsung dibubarkan.

Usai dicegat oleh  mahasiswa, sejumlah TKA asal Tiongkok langsung diamankan pihak Polres Kendari dengan menggunakan tiga unit mobil pribadi. Sejumlah TKA yang merupakan pekerja tambang dari Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) tersebut, langsung diamankan di Kantor Imigrasi Kelas II A Kendari.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kendari, Kompol Robby Topan Manusiwa mengatakan, saat ini pihaknya masih  melakukan penyelidikan terkait aksi cegat TKA yang dilakukan puluhan mahasiwa tersebut. Pihaknya pun tengah mengumpulkan sejumlah saksi mata yang berada di tempat kejadian perkara (TKP).

“Apabila sudah cukup bukti dan saksi, maka kami akan memanggil secara resmi mahasiswa bersangkutan. Sementara TKA ini untuk sementara kita bawa lagi ke imigrasi untuk kita amankan,” ujar Robbi saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas II A Kendari.

Dirinya pun belum mengetahui secara pasti TKA asal Tiongkok tersebut akan kemana. Namun Robby mengaku pihaknya akan mencoba mengecek lebih dalam lagi terkait insiden itu.

“Nanti kita periksa saksi-saksi, kita kumpulkan data, kita amankan barang bukti. Karena ada juga video-video juga yang kami dapatkan, nanti akan kita panggil yang terlibat dalam aksi pengrusakan tersebut,” tuturnya. (m2/p11/c/nur)

To Top