Lokasi TPS di Mubar Dapat Diakses Melalui Google Maps – Berita Kota Kendari
Suksesi

Lokasi TPS di Mubar Dapat Diakses Melalui Google Maps

Foto: Awaluddin Usa

KENDARI, BKK – Walaupun masih tergolong daerah otonom baru, namun Kabupaten Muna Barat (Mubar) tak mau kalah dalam penggunaan teknologi informasi. Salah satu contohnya, penggunaan aplikasi Geographic Information System (GIS) dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 2017 ini.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar, Awaluddin Usa menjelaskan, melalui aplikasi GIS, semua lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dapat diakses atau dilihat melalui google maps.

“Bagi pengguna android, tinggal membuka google maps, lalu ketika nama desa atau TPS yang hendak dicari maka dengan cepat akan menunjukan dimana lokasinya,” kata Awaluddin kepada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK) ditemui di salah satu hotel di Kendari, Rabu (21/12).

Menurut Awaluddin dengan aplikasi ini, maka memudahkan warga untuk mengecek lokasi TPS di masing-masing desa. Bukan saja itu,  setiap lokasi TPS yang tertera di google maps, juga akan menampilkan berapa jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS itu.

Lebih jauh awal menjelaskan, pada saat hari H perhitungan suara nanti, KPU Mubar melalui penyelenggara di TPS masing-masing langsung mempublikasi hasil pemilihan. Sehingga, masyarakat bisa langsung mengetahui perolehan suara dari masing-masing pasangan calon di seluruh TPS yang telah menyelesaikan perhitungan.

“Jadi kalau sudah selesai perhitungan, masyarakat tinggal mengakses google maps, bisa langsung melihat hasil pilkada. Ini kan sangat transparan. Kecuali memang penyelenggara yang berusaha mengubah hasil perolehan suara lalu mempublikasinya. Tapi kan semua penyelenggara sudah disumpah,” katanya.

Menurut dia, penggunaan teknologi informasi seperti ini selain membantu penyelenggara agar lebih muda memantau dan mengontrol hasil pilkada, juga membuat hasil pilkada lebih akuntabel.

Sistem Informasi Geografis (SIG)  atau Geographic Information System (GIS) merupakan salah satu disiplin ilmu berbasis teknologi informasi yang berkembang begitu cepat akhir-akhir ini. Ide penyampaian informasi pada setiap titik koordinat bumi ini, semakin melejit seiring dengan perkembangan teknologi perekaman informasi melalui satelit.

Hasil perekaman informasi terkait dengan kondisi fisik suatu wilayah melalui satelit, meskipun tidak sempurna, telah banyak digunakan untuk mensubstitusi perekaman informasi melalui survei lapangan yang butuh waktu lebih lama dan biaya yang relatif juga lebih mahal. (m2/b/nur)

To Top