KEBAKARAN Kompor Meledak, Uang Rp 35 Juta Musnah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

KEBAKARAN Kompor Meledak, Uang Rp 35 Juta Musnah

WA ODE FITRI/BERITA KOTA KENDARI
MASIH ADAKAH? Tetangga korban mengais puing-puing rumah La Wose – Wa Apo yang terbakar, untuk mencari harta benda yang masih bisa diselamatkan.

RAHA, BKK– Nasib apes sedang menimpa La Wose (83) – Wa Apo. Warga Desa Mabodo, Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna ini harus kehilangan rumah beserta harta bendanya setelah dilalap si jago merah.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Rabu (20/12) siang, sekitar pukul 12.15 WITA. Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan seratusan juta, termasuk uang tunai Rp 35 juta yang tidak bisa diselamatkan.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Wa Apo menceritakan kronologi terjadinya musibah tersebut. Menurutnya, saat itu dia tengah duduk di dapurnya untuk membuat sapu lidi dari daun kelapa. Tiba-tiba, dia mendengar seperti ada benda jatuh dan meledak.

“Saya langsung cek bunyi jatuh itu, ternyata sudah ada api menyala sampai ke atap,” katanya dengan lirih.

Melihat api yang mulai membesar, Wa Apo pun berteriak minta tolong kepada warga di sekitar rumahnya. Para tetangga yang mulai berdatangan berusaha membantu memadakam api. Tetapi api sudah berkobar ganas. Terlebih, rumah tersebut memang terbuat dari kayu dan beratapkan seng.

Dalam waktu yang singkat, api sudah menguasai seluruh rumah. Wa Apo dan para tetangganya pun hanya bisa melihat si jago merah beraksi memusnahkan rumah itu hingga rata dengan tanah. Sementara pemadam kebakaran, baru datang dua jam setelah kejadian tersebut.

“Semua barangku habis terbakar, lemari, tempat tidur, jagung, beras dan uang Rp 35 juta. Uang itu adalah uang simpanan istri dan anak saya,” tambah La Wose.

Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta S Ik mengatakan, dari keterangan korban, sumber api berasal dari kompor yang lupa dipadamkan. Api kemudian muncul tanpa disadari dan dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan.

“Rumahnya itu kan terbuat dari kayu papan. Jadi cepat sekali terbakarnya,” kata Kapolres. (cr1/b/aha)

To Top