Gelar Operasi Lilin, Polda Sultra Giatkan Pengamanan Ketat di Wilayah Perbatasan – Berita Kota Kendari
Beranda

Gelar Operasi Lilin, Polda Sultra Giatkan Pengamanan Ketat di Wilayah Perbatasan

Ketgam : Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso saat memasangkan pita operasi lilin kepada salah satu personil pengamanan. Foto : Sadah/BKK

KENDARI, BKK – Jelang pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru, dugaan rencana aksi teror berhasil digagalkan petugas kepolisian di sejumlah daerah. Hal ini tentu penting menjadi kewaspadaan semua pihak agar hal serupa tidak ditemukan lagi, termasuk di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wilayah perbatasan menjadi rawan untuk menjadi tempat keluar masuknya pelaku kejahatan ataupun  teror. Untuk itu, dalam rangka operasi lilin di 2016 ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sultra akan menggiatkan operasi patroli perbatasan di titik-titik rawan tersebut.

“Kami sudah memerintahkan agar polres-polres yang ada di wilayah perbatasan seperti Konawe, Kolaka dan Kolaka Utara agar lebih menggiatkan lagi  operasi perbatasan tersebut,” Ujar Kepala kepolisianDaerah (Kapolda) Sultra, Brigjen Pol Drs Agung Sabar Santoso SH MH, ditemui usai memimpin upacara gelar pasukan operasi lilin 2016 di pelataran Eks MTQ Kendari, Kamis (22/12).

Selain pengamanan ketat di wilayah pertbatasan, lanjutnya, pihak kepolisian juga akan melakukan antisipasi dini terhadap gerakan-gerakan mencurigakan yang berbau ancaman teror.  Dalam hal ini, menurutnya, semua pihak termasuk masyarakat juga harus terlibat agar keamanan di wilayah Sultra dapat terus terjaga.

“Semua pihak mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan. Kalau misalnya ada kos-kosan atau rumah kontrakan mencurigakan datangin aja, periksa identitas dan apa saja yang dilakukan,” ujarnya.

Untuk pengamanan gereja sendiri, lanjutnya, sudah tentu menjadi salah satu fokus kepolisian dalam operasi lilin 2016 ini. Di setiap gereja akan diadakan sterilisasi untuk memastikan perayaan natal berjalan aman dan lancar.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang ke gereja untuk melakukan ibadah agar tidak membawa tas besar. Cukup membawa kitab suci saja yang akan digunakan untuk ibadah,”  tegasnya.

Sementara itu, dalam operasi lilin kali ini, kata Agung, melibatkan 1.479 personil gabungan kepolisian, TNI, Satpol PP dan beberapa lembaga terkait lainnya. Selain melakukan pengamanan di titik rawan, tim ini juga akan siaga di 97 pos pengamanan. (nur)

To Top