Berikan Kepastian ke Warga, Asrun Serahkan Sertifikat Gratis – Berita Kota Kendari
Beranda

Berikan Kepastian ke Warga, Asrun Serahkan Sertifikat Gratis

Ketgam: Wali Kota Kendari, Asrun saat menyerahkan sertifikat tanah. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Wali Kota Kendari, Asrun kembali menyalurkan 814 sertifikat tanah gratis kepada warganya.  Hal ini tentu memberikan kepastian kepada warga, atas lahan yang telah dimilikinya secara sah sesuai ketentuan yang berlaku.

Asrun mengakui, saat ini pemerintah memprogramkan agar lebih intensif lagi untuk memberikan sertifikat tanah gratis kepada warga. Bahkan pemerintah pusat sudah mengintruksikan di daerah untuk mengalokasikan dana di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam rangka menambah penerima manfaat Prona tersebut.

“Pemerintah akan terus berupaya baik melalui  Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun APBD untuk sertifikat gratis ini. Ke depan kita berharap bahwa Kota Kendari yang semakin kompleks masalah tanah, dengan sertifikasi seperti ini bisa memberikan kepastian dan kejelasan kepada masyarakat dalam memanfaatkan tanah mereka,” ungkap Asrun di sela-sela penyerahan sertifikat di Aula Kantor Camat Baruga, Kamis (22/12).

Bila upaya itu tidak dilakukan, lanjut Asrun,  bisa jadi lahan di Kendari tidak seluruhnya memiliki setifikat sampai tahun 2080.

“Saat ini kita belum alokasikan dana APBD untuk sertifikat tanah ini. Akan tetapi kami akan alokasikannya di perubahan anggaran 2017 nanti,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) empat Pengendalian Pertanahan dan Pemberdayaan Masyarakat BPN Sultra, Ir Simon Tomas Esu ST mengatakan, kegiatan legalisasi aset merupakan kegiatan rutin BPN. Sebab, negara berkewajiban untuk mendaftarkan seluruh tanah di Indonesia.

“Namun karena keterbatasan anggaran sehingga untuk di lintas sektor dirubah dalam bentuk Prona, Usaha Kecil Menengah (UKM), nelayan dan pertanian,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, yang berhak mendapatkan bantuan sertifikat tanah gratis ini berdasarkan masyarakat yang memohon. (Cr6/c/nur)

To Top