Asrun: Lahan Eks MTQ Tidak Cocok Dijadikan Tempat Cari Uang – Berita Kota Kendari
Beranda

Asrun: Lahan Eks MTQ Tidak Cocok Dijadikan Tempat Cari Uang

Foto: Wali Kota Kendari, Asrun. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pengelolaan lahan Eks MTQ Kendari, kini diambil alih kembali oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang sebelumnya diserahkan untuk mengelola aset tersebut, dianggap tidak mampu memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang memadai.

 

Menggapi hal itu, Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, minimnya pendapatan yang bersumber dari lahan Eks MTQ tersebut, sebab lokasinya memang tidak cocok jika dijadikan sebagai tempat untuk mencari uang. Menurutnya, lahan itu hanya tepat untuk menjadi ruang publik.

“Atas dasar itulah sumbangan PAD yang didapatkan dari pengelolaan Eks MTQ oleh Pemkot Kendari sangat kecil,” aku Asrun saat ditemui di Aula Kantor Camat Baruga, Kamis (22/12).

Dikatakannya, di Kota Kendari saat ini masih cukup dibutuhkan ruang publik yang gratis. Makanya, saat mengelola Eks MTQ, Pemkot Kendari tidak terlalu fokus untuk melakukan pungutan di lahan tersebut yang memang lebih banyak digunakan untuk ruang publik.

“Lihat saja taman kota (Tamkot) semua saya gratiskan. Saya punya investasi di Tamkot jauh lebih baik, tetapi semua itu saya siapkan untuk masyarakat Kota pada umumnya untuk memanfaatkannya. Dan buktinya sekarang Tamkot sangat dimanfaatkan dengan gratis,” ujarnya.

Ia pun mengaku tidak mempersoalkan pengambil alihan pengelolaan Eks MTQ tersebut. Terlebih aset itu memang adalah miliki Pemprov Sultra. (Cr6/c/nur)

To Top