Beranda

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Muna Gelar Rakerda

FITRI/BKK
Suasana pembukaan Rakerda Kesehatan, Rabu (21/12). Kegiatan ini dibuka Bupati Muna, LM Rusman Emba

RAHA, BKK – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kabupaten Muna, sudah pasti butuh fasilitas yang memadai serta pelayanan yang maksimal dan baik. Hal ini  perlu dilakukan agar masyarakat Kabupaten Muna mendapat pelayanan kesehatan sama seperti di daerah lainnya.

Supaya hal tersebut dapat terwijud, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Muna menggelar rapat kerja kesehatan daerah Kabupaten Muna  tahun 2017, di Aula Galampano Kantolalo, Rabu (21/12 ). Acara ini dihadiri Bupati Muna LM Rusman Emba ST, para muspida, para Kepala SKPD, badan dan kantor, camat dan ratusan tenaga medis,  perawat,  bidan, dokter, dan para kepala puskesmas se-Kabupaten Muna.

Kadinkes Kabupaten Muna La Ode Rimba Sua SKM MSi, mengatakan, pelayanan kesehatan, di Kabupaten Muna perlu ditingkatkan lagi. Terlebih saat ini Muna telah memiliki 27 puskesmas dari 22 kecamatan se- Kabupaten Muna, serta miliki 1 UPTD Gedung Farmasi yang representatif. Dia juga mengatakan, agar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat maksimal khususnyadi RSUD Raha, maka 2017 status RSUD Raha berada dibawah  Dinkes Kabupaten Muna.

“Pelayanan kesehatan terhadap msyarakat harus kita tingkatkan lagi,agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan, sama dengan di daerah lain. Bicara tenaga medis seperti dokter, bidan perawat kita, sama dengan dokter di daerah lain. Cuma pelayanan kesehatannya perlu kita tingkatkan. Apa guna kita punya rumah sakit yang mewah, kalau pelayanannya memprihatinkan. Siapa yang memberi pelayanan terbaik, itu yang kita butuhkan,” kata Kadinkes di hadapan seluruh peserta rakerda kesehatan Kabupaten Muna tahun 2017.

Dia menambahkan, saat ini Muna telah  telah miliki 27 Puskesmas se- Kabupaten Muna dan 1 unit gedung farmasi yang representatif. Demikian juga dengan. RSUD, kalau dulu rumah sakit itu berdiri sendiri, tapi tahun 2017 berada dibawah Dinkes Muna. Hal ini kata Rimba Sua nantinya akan mempermudah kordinasi dengan Dinkes, dalam memberikan pelayanan kesehatann pada masyarakat.

Dia juga mengatakan, Dinkes Muna mendukung visi misi Bupati Muna untuk  menciptkan gerakan masyarakat hidup sehat,  menuju masyarakat Kabupaten Muna  yang kuat, mandiri, berdaya saing dan  dan bermartabat.

Bupati Muna LM Rusman Emba ST mengatakan jangan cuma  sehat badan, tapi juga sehat jiwa agar tidak terjadi korupsi. Dia juga mengatakan jadi seorang pemimpin adalah takdir yang sudah digariskan dari Allah.

Hal ini diungkapan Bupati Muna ini ketika membuka acara rakerda tersebut kemarin. “Kehidupan nyaman dan tenteram itu, ada beberapa indikator yaitu kebersihan dan stabilitas daerah. Saya sebagai Bupati Muna pada tiga bulan ini sedang menata Kabupaten Muna khususnya Kota Raha,  agar bisa mencapai 2 indikator di atas,” kata Uman sapaan akrab Bupati Muna.

Dia juga akan meninjau kembali RS Modern Kota Raha. “Saya akan tinjau RS Modern Raha, apa bisa kita fungsikan pada pertengahan tahun 2017. Kita akan lihat dulu apa kendalanya, agar bisa digunakan,” tambahnya.

Sedangkan  menyangkut aspek pelayanan kesehatan, katanya memang perlu ada  sinkronisasi  kebijakan kesehatan.  Perlunya peningkatan kesehatan di puskemas puskesmas dan rumah sakit. Dia juga menekankan harus mengedepankan  upaya  preventif dan peningkatan pelayanan kesehatan secara prima.  “Hal hal ini harus dilakukan  agar masyarakat  berobat di Muna, sama dengan di daerah lain baik aspek biaya dan pelayanannya. Terlebih saat ini lebih dari 200 ribu masyarakat Kabupaten Muna, baru sekitar 144 ribu yang memilki Kartu Indonesia Sehat atau sekitar 66 persen,” ungkap mantan anggota DPD RI dan mantan Ketua DPRD Provinsi Sultra itu. (cr1/c)

To Top