Raperda Pengelolaan Pelabuhan Rakyat Dikembalikan ke Pihak Universitas – Berita Kota Kendari
Beranda

Raperda Pengelolaan Pelabuhan Rakyat Dikembalikan ke Pihak Universitas

KENDARI, BKK– Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mengembalikan rancangan peraturan daerah (Raperda) pengelolaan pelabuhan rakyat, kepada pihak ketiga yakni Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk melakukan perbaikan naskah akademik.

Ketua Bapperda DPRD Kota Kendari, La Ode Azhar dikonfirmasi menjelaskan, raperda pengelolaan pelabuhan rakyat ini masuk dalam 13 Raperda yang akan dibahas di 2016. Namun, kurang tepatnya penyusunan akademik yang dipakai yakni lebih pada pendekatan retribusi maka perlu dilakukan pembenahan.

“Raperda ini lebih menonjolkan persoalan retribusi yang itu bertolak belakang dengan judulnya, sementara untuk persoalan retribusi itu telah diatur dalam Perda nomor 3 tahun 2013 tentang retribusi aset daerah. Inilah alasan utama kenapa Raperda itu kita kembalikan,” terangnya.

Permintaan perbaikan itu, lanjut Azhar, telah disanggupi pihak UHO Kendari yang rencananya juga dalam waktu dekat akan menyelesaikannya, dengan subtansi pokok lebih pada tata kelola pelabuhan.

“Menurut pernyataan pihak UHO Kendari, raperda ini awalnya memang mengatur tentang tata kelola pelabuhan. Hanya saja ketika diseminarkan banyak pihak yang mengusul untuk lebih mendominankan pada persoalan retribusinya, sehingga hasilnya seperti yang dilapor ke kami,” jelasnya.

Berkaitan dengan itu juga, papar politikus Golkar ini, 13 raperda yang menjadi target untuk diselsaikan di 2016 berkurang menjadi 12. Dimana saat ini, dari 12 Raperda itu belum ada yang dibahas untuk dibuat menjadi perda dikarenakan adanya agenda DPRD Kendari yang lain.

“Sejauh ini kita baru membahas satu raperda, namun karena naskah akademiknya kurang tepat maka kita harus mengembalikannya dan untuk raperda sisanya kita akan bahas setelah pulang dari kunjungan,” pungkasnya.(Cr5/c/nur)

To Top