Masyarakat Koltim Antusias Ikuti Pilkades Pertama – Berita Kota Kendari
Headline

Masyarakat Koltim Antusias Ikuti Pilkades Pertama

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
RAMAI. Warga Desa Loka, Kecamatan Tirawuta, tampak antusias mengikuti jalannya pengambilan suara di Pilkades Loka, yang digelar Rabu (21/12). Kolaka Timur menggelar Pilkada serentak di 82 desa.

TIRAWUTA, BKK– Pemilihan Kepala Desa serentak di Kolaka Timur yang digelar untuk pertama kalinya setelah Kolaka Timur berpisah dengan Kolaka, berjalan dengan lancar dan aman. Puluhan ribu warga desa dilaporkan mengikuti pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara dengan antusias.

“Alhamdulillah. Semua Pilkades berjalan dengan kondusif, aman dan terkendali. Tidak ada laporan kericuhan ataupun kecurangan sampai sekarang,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Koltim, Irwan Kara, Rabu siang (21/12).

Irwan secara khusus menyampaikan terima kasih kepada aparat gabungan, baik Polri, TNI dan Satpol PP yang dinilai telah membantu Pemerintah Kabupaten Koltim sehingga Pilkades bisa berlangsung dengan aman. Dia juga mengucapkan selamat kepada seluruh panitia pelaksana Pilkades lantaran tidak adanya laporan kecurangan.

“Kita berharap sampai penetapan Kades, semuanya berjalan seperti yang diharapkan,” kata Irwan.

Secara keseluruhan, jumlah desa yang masuk dalam Pilkades 2016 sebanyak 82 desa, yang tersebar di 12 kecamatan. Sementara jumlah calon kepala desa yang bertarung di Pilkades sebanyak 239 orang.

“Rata-rata tiap Pilkades diikuti tiga sampai empat calon. Ada juga yang dua. Bervariasi lah. Seperti Pilkades Loka (Tirawuta), ada empat calon. Tapi di Pilkades Woiha (Tirawuta) cuma dua calon, ” tambahnya.

Adapun jumlah wajib pilih Pilkades sebanyak 38.535 orang. Sementara surat suara yang dicetak sebanyak 39.305 lembar, termasuk surat suara cadangan.

Yang unik, ada satu Pilkades yang hanya diikuti oleh satu kontestan, yakni Pilkades Tatinduka, Kecamatan Dangia. Data yang diperoleh Berita Kota Kendari menyebutkan, satu-satunya calon yang maju di Pilkades Tatinduka itu bernama H. Muhammad Nure.

Kabarnya, Nure merupakan ayah kandung seorang pejabat tinggi di Pemkab Kolaka Timur. (k3/b/aha)

To Top