Beranda

Mahasiswa Mandala Waluya Ikut Pertukaran Mahasiswa ke Korea Selatan

Muh. Idrus

KENDARI, BKK– Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mandala Waluya (MW) Kendari akan mengutus dua orang mahasiswanya, untuk mengikuti pertukaran mahasiswa dengan Dongseo University di Provinsi Busan, Korea Selatan.

Ketua Stikes MW, Muh Idrus mengatakan, pertukaran mahasiswa tersebut merupakan bentuk kerjasama internasional yang dilakukan Stikes MW untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu juga untuk meningkatkan nilai akreditasi kampus tersebut.

“Mahasiswa yang diutus Stikes MW berjumlah dua orang, itu sesuai dengan kuota yang ditentukan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti),” ujar Idrus saat ditemui di ruang kerjanya di Stikes MW Kendari, Rabu (21/12).

Idrus mengatakan, mahasiswa yang diutus itu yakni Sitti Arni dan Dwi Ayu Fathima Putra. Keduanya merupakan mahasiswa dari jurusan elektro medis.

Ia menambahkan, perukaran mahasiswa ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang penggunaan alat-alat labarotorium medis yang akan didapatkan nantinya di Korea Selatan.

“Apa yang mahasiswa dapatkan di sana, tentunya bisa diterapkan di internal Stikes MW,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kerjasama yang dilakukan Stikes MW dengan Dongseo University di Busan, Korea Selatan, akan berlangsung selama lima tahun. Kerja sama tersebut berlangsung sejak tanggal 14 desember 2016 hingga 14 desember 2021.

“Kedua mahasiswa tersebut akan kami berangkatkan awal januari 2017, tepatnya pada tanggal 16 hingga 22 Januari 2017,” tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan kerjasama ini, Stikes MW tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Selain itu, diharapkan SDM Stikes MW juga bisa lebih meningkat dari sebelumnya.

“Melalui kerja sama internasional ini, tentunya kami berharap dapat berefek pada peningkatan akreditasi Stikes MW, sehingga Stikes MW menjadi pilihan utama masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di bidang kesehatan,” tutupnya.(p11/c/nur)

To Top