Gugatan Hamim-Farid Ditolak PT-TUN – Berita Kota Kendari
Suksesi

Gugatan Hamim-Farid Ditolak PT-TUN

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN) Makassar menolak gugatan pasangan Hamim-Farid, atas keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton yang menolak pencalonan keduanya  untuk menjadi pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati.

Penolakan gugatan di PT-TUN Makassar itu dilakukan karena Hamim-Farid tidak mempunyai kedudukan hukum atau legal standing, sebab Hamim-Farid sama sekali belum ditetapkan sebagai paslon.

Hal ini diungkapkan penasihat hukum KPU Buton, Baron Harahap. Ia menjelaskan, pada sidang pertama di PT-TUN Makssar langsung ditemukan bahwa Hamim-Farid tidak layak dan belum ditetapkan sebagai paslon. Pasangan ini mendaftar di KPU Buton tetapi tidak ditetapkan sebagai paslon.

“Olehnya itu, PT-TUN berpendapat bahwa karena dia tidak layak ditetapkan sebagai paslon maka Hamim-Farid tidak punya kepentingan untuk melakukan gugatan. Sehingga, tidak mempunyai kedudukan hukum atau legal standing. Sebagaimana pandangan PT-TUN bahwa hanya orang yang sudah berstatus sebagai paslon bisa mengajukan gugatan di PT-TUN,” jelas Baron melalui sambungan telepon genggamnya, Rabu (21/12).

Dikatakannya, untuk mengukur bahwa yang bersangkutan ini adalah paslon maka perlu dilihat dari produk hukum yang dibuat  KPU. Dalam hal ini, ada pernyataan dari KPU Buton bahwa Hamim-Farid merupakan paslon. Faktanya, pasangan ini tidak diberikan wewenang sebagai paslon karena tidak memenuhi syarat.

Oleh karena itu, sambungnya, PT-TUN mengambil kesimpulan jika penggugat tidak bisa menunjukan rekomendasi sebagai paslon, maka pada saat itu juga, Hamim-Farid tidak mempunyai kedudukan hukum untuk melakukan gugatan. Namun, putusan PT-TUN belum bisa dikatakan berkekuatan hukum tetap (inkrah).

“Terhadap putusan PT-TUN, kita sedang menunggu sikap dari penggugat (Hamim-Farid) apakah mau melakukan kasasi atau tidak tetapi bagi KPU Buton tetap akan menghadapi dan mengikuti proses atas upaya hukum apa saja yang akan dilakukan Hamim-Farid,” pungkasnya. (m2/b/nur)

To Top