Beranda

SMK Satria Siap Mendukung PMP Kembali Diterapkan

KENDARI, BKK– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Satria Kendari siap mendukung penerapan kembali Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Sebab, salah satu mata pelajaran ini dinilai sangat berpengaruh dalam membentuk moral dan itikat baik siswa.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Satria, La Resi menilai, penerapan PMP sangat berpengaruh terhadap siswa. Sebab, PMP lebih menekankan terhadap pendidikan etika dan moral. Namun, yang berlaku sekarang ini adalah Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN).

La Ressi menilai, PKN  kurang lebih sama dengan tata negara yang diajarkan yaitu terkait kenegaraan. Sehingga, penekanannya terhadap pendidikan etika dan moral dianggap masih kurang.

“Jika PMP kembali diterapkan di sekolah-sekolah, kami sangat mendukung kebijakan tersebut karena penerapan PMP sejalan dengan tujuan Presiden terkait revolusi mental,” ujar La Ressi saat ditemui di ruang kerjanya di SMK Satria, Selasa (20/12).

Peran PMP digantikan dengan pelajaran PKN saat ini, dinilai tidak berhasil membentuk mental dan karakter kebangsaan bagi para pelajar yang nantinya menjadi generasi bangsa di masa yang akan datang. Untuk itu, lanjut La Resi, penerapan PMP dipandang perlu untuk diterapkan kembali.

“Akan lebih positif, serta lebih menjurus jika ada lagi mata pelajaran khusus PMP,” kata La Resi.

Ia mengakui, selama ini pihaknya juga menerapkan pendidikan moral sebelum memasuki ini materi pada semua mata pelajaran. Namun menurutnya, bisa jadi pemerintah menganggap hal tersebut belum cukup untuk mendidik moral siswa.

“Untuk mempertajam kembali pendidikan karakter siswa, saya kira penting PMP itu kembali kita terapkan dan itu sangat positif,” ujar La Resi.

Ia menambahkan, SMK Satria sudah siap jika pelajaran PMP kembali diterapkan di sekolah-sekolah. Terlebih, ia menggapa sekolahnya tersebut memiliki beberapa tenaga pengajar yang nerpengalaman di bidang PMP.

“Alhamdulillah kita juga ada guru PKN yang dulunya PMP, yang kebetulan juga sangat berpengalaman di bidang itu,” tandasnya.(p11/p12/c/nur)

To Top