Satgas Pungli Lingkup Pemkot Tinggal Difinalkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Satgas Pungli Lingkup Pemkot Tinggal Difinalkan

KENDARI, BKK – Satuan Tugas (Satgas) Pungutan Liar (Pungli) yang akan bertugas untuk memberantas penyimpangan sekaligus operasi tangkap tangan (OTT) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) sudah dibentuk. Tinggal menunggu difinalkan.

Ilustrasi

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Alamsyah Lotunani. Kata dia, pihak kejaksaan akan dilibatkan dalam satgas pungli tersebut.

“Saya sudah mendapatkan draftnya, namun saya kembalikan di Kepala Bagian (Kabag) Hukum untuk melengkapi keanggotaannya. Keanggotaan satgas pungli di Pemkot Kendari itu harus bisa mengcover tugas-tugas yang dibebankan oleh satgas pungli itu sendiri,” ungkap Alamsyah, Selasa (20/12).

Sebenarnya selama ini, akunya, satgas pungli di lingkup Pemkot Kendari sudah jalan. Masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah ditekankan supaya menjaga stafnya untuk tidak melakukan pungli, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan pengurusan izin.

“Kalaupun misalkan ada maka saya minta dengan tegas agar kepala SKPD yang bersangkutan untuk menindaki dan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Nantinya, tambah Alansayah, satgas pungli Pemkot Kendari dan Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga telah terbentuk, bisa bekerja sama. Dengan demikian, upaya untuk memberantas pungli yang menjadi program nsional bisa tercapai. (Cr6/c/nur)

To Top