MAN 1 Kolaka Juara Nasional Poster Edukasi Publik – Berita Kota Kendari
Pendidikan

MAN 1 Kolaka Juara Nasional Poster Edukasi Publik

Kepala MAN 1 Kolaka Ansani bersama siswa yang berprestasi dan guru pembimbing, bersama piagam dan piala yang mereka raih di ajang nasional. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA,BKK– Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka kembali membawa nama baik Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan meraih prestasi di ajang nasional sebagai juara pertama lomba ilmiah poster edukasi publik.

“Pada lomba Paper Competition (Pacom) tahun 2016 yang dilaksanakan ‎Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, MAN 1 Kolaka keluar sebagai juara pertama cabang foster edukasi publik dan juara dua untuk artikel populer,” kata Kepala MAN 1 Kolaka Ansani, didampingi guru pembimbing Hajeranah, Selasa (20/12), di kantornya.

Menurut Ansani, pada lomba ‎yang dilaksanakan 17 Desember lalu, untuk cabang poster  edukasi publik, MAN 1 Kolaka mengirim dua tim yang terdiri dari tiga orang. Tim satu yang terdiri dari Arini, Aulia Karimah dan Alimatur Rahimul dengan mengambil judul Malika (Masker Limbah Kulit Kacang) berhasil keluar sebagai juara pertama, mengalahkan 50 sekolah di seluruh Indonesia yang ikut kompetisi itu.

Sedangkan tim dua terdiri dari Khairul Fadhil, Apri Anugrah dan Haerullah Husain yang mengambil tema pemanfaatan daun seledri sebagai anti septik pada mulut, hanya menduduki posisi delapan.

Sementara untuk artikel populer, Ummu Rizqa Abidah yang mengambil judul Peran Buitek (Bubur Ikan Teri Kolaka) ‎dalam menanggulangi gizi buruk di Kabupaten Kolaka meraih juara dua, sedangkan Syahrul Anami dengan judul karya ilmiah telur dan bayam untuk menjaga kesehatan sel syaraf dan mencegah alzheimer menduduki peringkat empat.

“Anak-anak kita ini bersaing dengan peserta dari pulau Jawa mempersentasikan dan mempertahankan makalah ilmiahnya, di depan ‎tiga profesor,” kata Ansani.

Ansani mengaku, ‎sistem pembinaan yang dilakukan MAN 1 Kolaka yakni ketika masuk pertama di MAN dilakukan seleksi, apalagi di sekolah ini telah terbentuk Karya Ilmiah Remaja (KIR) Al Fakirah.

Begitupun setiap ada lomba nasional digelar, MAN 1 menghadirkan alumni yang pernah ikut lomba untuk melakukan pembinaan.

Tak lupa Ansani menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, serta dan anggota DPRD yang membantu pembiayaan peserta lomba, sehingga berhasil pulang membawa nama baik Bumi Mekongga.

“Dengan prestasi ini, menjadi tiket bagi siswa kami untuk masuk Fakutas kedokteran di Unair, apalagi dalam tiga tahun terakhir siswa MAN 1 Kolaka‎ ada yang lulus di fakutas kedokteran, baik jalur khusus maupun jalur umum,” kata Ansani. (cr3/b/nur)

To Top