Dinkes Kolut Komitmen Wujudkan Pemenuhan Gizi Masyarakat – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dinkes Kolut Komitmen Wujudkan Pemenuhan Gizi Masyarakat

LASUSUA, BKK – Menyadari pentingnya asupan gizi bagi masyarakat, khususnya untuk tumbuh kembang anak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), menggiatkan program rumah gizi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam program ini pihak Dinkes turun langsung ke desa-desa guna memberikan penyuluhan kepada masyarakat berkait pemenuhan asupan gizi, serta menyiapkan fasilitas ruangan dan tenaga kesehatan yang siaga di lapangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal penanggulangan gizi.

Program ini juga sejalan dengan predikat kota sehat yang disandang Kabupaten Kolut pada 2016 ini.

“Program gizi bagi masyarakat ini sebenarnya bukan masalah baru. Tahun-tahun sebelumnya juga sudah kita lakukan, namun kelihatannya tren masalahnya ini masih tergolong besar, sehingga kita buatkan upaya khusus dalam bentuk rumah gizi. Program rumah gizi ini adalah fasilitas kesehatan khusus untuk penanggulangan gizi yang bermasalah di masyarakat,” jelas Kepala Dinkes Kolut, Alias SKM MKes, Selasa (20/12).

Sejauh ini, lanjut Alias, program ini sudah terealisasi di dua desa, yakni Desa Tojabi dan Desa Ponggiha Kecamatan Lasusua. Menurutnya, program gizi sudah menjadi program rutin Dinkes, namun dalam program rumah gizi ini desain kegiatannya dinilai akan lebih efisien dalam upaya pemenuhan asupan gizi bagi masyarakat.

“Salah satu perbedaannya adalah, kalau dulu petugas kesehatan turun ke masyarakat lalu pulang setelah selesai bertugas, sekarang tidak ada lagi pulang pergi-pulang pergi, yang ada adalah petugas kesehatan memang sudah stand by di lapangan yang setiap waktu bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya. (k6/c)

To Top