2016 Capaian PBB di Kendari 60,9 Persen – Berita Kota Kendari
Beranda

2016 Capaian PBB di Kendari 60,9 Persen

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota  Kendari di 2016 yang bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), baru mencapai 60,9 persen.

“Berdasarkan data yang kami miliki retribusi sudah mencapai 70 persen, sedangkan PBB baru sekitar 60,9 persen. Tentu capaian itu belum memenuhi target kami di 2016 yang sebesar Rp 92 miliar,” ungkap  Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari, Nahwa Umar saat ditemui, Selasa (20/12).

Sebenarnya untuk pajak, kata dia, ada beberapa sektor lain yang capaiannya sudah melebihi 100 persen. Tinggal PBB saja yang belum mencapai 100 persen.

“Awalnya prediksi kami sektor yang paling besar sebenarnya PBB, namun ternyata hingga kini capaian disektor PBB baru 60,9 persen. Kendati demikian kami yakin capaian PBB bisa mencapai 70 persen di akhir tahun ini,” pungkasnya.

Di 2017 nanti, lanjutnya, target PBB sudah pasti lebih tinggi lagi dibanding tahun ini. Asalkan, kondisi ekonomi masih berjalan bagus, sehingga bisa memenuhi target.

“Terus terang di sektor pajak baru tahun ini capaiannya lebih baik, meskipun pada perubahan anggaran kita menambah lagi target,” paparnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan pendataan, sebab bisa jadi ada wajib pajak yang belum terdata.

Terlebih, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) selama puluhan tahun belum pernah dikoreksi, sehingga perumahan-perumahan yang dijual masih jauh dari harga pasar sesungguhnya.

“Saya bayangin saja kalau perumahan sudah type 36 pajaknya masih Rp 50 ribu pertahun, itu sudah murah sekali,” tuturnya.

Olehnya itu di 2017 nanti, tambahnya, Dispenda Kendari akan bekerja lebih teliti dan maksimal, sehingga perolehan PBB betul-betul bagus. Apa lagi saat ini sudah menggunakan sistem online . (Cr6/c/nur)

To Top