PU Kendari Janjikan Pengerjaan Jalan Rampung di 2016 – Berita Kota Kendari
Beranda

PU Kendari Janjikan Pengerjaan Jalan Rampung di 2016

Foto: Kadis PU Kendari, Faisal Alhabsyi. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kendari, Faisal Alhabsyi, berjanji dan optimis seluruh pengerjaan jalan yang ditanganinya saat ini akan rampung di 2016. Waktu tersisa yang tinggal beberapa hari lagi, akan digunakan semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut.

“Lokasi pengerjaan jalan sedang kami lakukan antara lain jalan di depan Universitas Halu Oleo (UHO), Wayong, Jalan Chairil Anwar, SMA 5 Kendari sampai di Nanga-nanga, Kantor Brimob, dan  Puuwatu,” sebut Faisal saat ditemui, Senin (19/12).

Ia mengakui, saat ini PU tidak hanya fokus menyelesaikan pengerjaan jalan namun juga pembangunan drainase. Namun demikian, penyelesaian jalan tersebut diyakininya akan rampung seluruhnya tepat di 31 Desember mendatang. Termasuk jalan yang baru dibuka sepanjang 15 kilo meter.

“Anggaran yang digunakan untuk pengerjaan jalan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Untuk DAK, total anggaran yang dipergunakan berjumlah Rp 150 miliar, sedangkan APBD Rp 30-40 miliar,” paparnya.

Untuk memaksimalkan pengerjaan jalan di Kota Kendari, aku Faisal, mestinya besaran anggaran yang digunakan di 2017 nanti sama dengan anggaran di 2016 ini. Hanya saja, karena terkendala keterbatasan keuangan negara, hingga 2017 nanti Dana alokasi Khusus (DAK) untuk pengerjaan jalan di Kendari hanya Rp 20 miliar.”

“Kondisi keuangan negara sekarang ini sedang turun maka kami juga akan menyesuaikan dengan kondisi ini,” ungkapnya.

Sementara untuk pengerjaan drainase, ia juga berharap bisa berjalan lancar. Hanya saja saat ini, menurutnya, masih sering mengalami hambatan terkait pembebasan lahan.

“Secara keseluruhan, progres pengerjaan draenase lancar meskipun ada beberapa pengerjaan mengalami hambatan pembebasan lahan itu sehingga pengerjaannya belum optimal,” pungkasnya. (Cr6/c/nur)

To Top