Pengurusan Administrasi Nelayan di Kendari Gratis #DKP Siap Tindaki Oknum yang Lakukan Pungli – Berita Kota Kendari
Beranda

Pengurusan Administrasi Nelayan di Kendari Gratis #DKP Siap Tindaki Oknum yang Lakukan Pungli

KENDARI, BKK – Nelayan di Kota Kendari yang melakukan pengurusan administrasi seperti asuransi, kartu  dan sertifikat, tidak dipungut biaya atau gratis. Bila ada oknum yang meminta pembayaran maka itu adalah pungutan liar (Pungli).

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendari, Agus Salim Safrullah. Untuk itu, ia meminta dengan tegas, jangan sampai ada oknum-oknum yang memanfaatkan pengurusan administrasi nelayan tersebut untuk mendapatkan keuntungan dengan melakukan pungutan-pungutan yang mestinya tidak terjadi.

“Jika kami menemukan ada oknum yang melakukan pungutan saat nelayan mengurus surat-suratnya, maka saya selaku pimpinan tidak segan-segan untuk menindaki hal itu. Bila perlu saya akan melaporkan kepada pihak penegak hukum,” ungkap Agus daat ditemui, Senin (19/12).

Apa lagi, lanjutnya, saat ini pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sedang menggagas untuk memberantas adanya pungutan liar (Pungli) di seluruh lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Tentu selaku bagian dari Pemkot Kendari kami akan menjalankan amanah itu sebaik mungkin, sehingga harapan kita bersama terkait pungli bisa terhindarkan,” paparnya.

Ia juga meminta kepada nelayan, jika ada oknum yang melakukan pungutan saat melayani seluruh nelayan Kota Kendari dalam mengurus surat-suratnya maka hendaknya jangan didiamkan. Tetapi, alangkah baiknya pihak nelayan yang dirugikan itu melapor untuk ditangani lebih lanjut.

Ia menambahkan, selama ini program-program yang dilakukan pihak DKP Kendari lebih kepada kepentingan masyarakat, utamanya nelayan. (Cr6/c/nur)

To Top