Kepala BPMD Ditahan, Rusman Siap Tunjuk Plt – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kepala BPMD Ditahan, Rusman Siap Tunjuk Plt

KENDARI, BKK – Bupati Muna, Rusman Emba segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Muna, pasca ditahannya Kepala BPMD Muna, La Palaka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna beberapa hari yang lalu.

Rusman mengatakan penunjukkan pelaksana akan mengacu pada prosedur dan mekanisme kepegawaian yang ada dalam rangka efektifitas pemerintahan. Saat ini semuanya sementara dalam proses untuk mengantisipasi langkah-langkah yang tidak diinginkan.

“Seluruh administrasi apalagi berhubungan dengan dana desa tentu harus berjalan sesuai dengan prosedur apalagi target penyelesaian tentu kami akan mengambil langkah-langkah sesuai dengan mekanisme kepegawaian tentang hal itu. Sehingga mekanisme atau jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah bisa tercapai dan terlaksana semua,” kata rusman saat ditemui di Aula Bahteramas, Senin (19/12).

Terkait masalah panyalahgunaan alokasi dana desa tersebut, Rusman enggan mengomentarinya terlalu jauh. Dia berharap mekanisme peradilan dapat menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik.

“Kalau untuk pergantian konsepnya itu harus mengambil langkah pelaksana dulu untuk sementara sambil menunggu asas praduga tak bersalah. Untuk persiapan plt masih sementara dalam proses. Karena untuk mengantisipasi menganggunya penyaluran anggaran dana desa,” sambungnya.

Lanjutnya, masing-masing memiliki perspektif yang berbeda, Kejari memandangnya dari sisi lain sedangkan Kepala BPMD La Palaka dan Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMD Muna Nazaruddin Saga yang dijadikan tersangka juga memiliki pembelaan masing-masing.

“Semua itu punya prespektif yang berbeda. Pihak Kejari Muna melihat dari sisi administrasi baik pihak BPMD khususnya Kepala Bidang dan kepala BPMD yang hari ini ditetapkan sebagai tersangka tentu masing-masing mempunyai pembelaan. Biarkan mekanisme peradilan yang menyelasikan persoalan itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Kejari Muna melakukan penahanan terhadap tersangka kasus tindak pidana korupsi Kabid Pemdes BPMD Muna Nazaruddin Saga pada 8 Desember 2016 lalu. Setelah itu, pada 13 Desember 2016 Kepala BPMD Muna La Palaka juga ditahan.

Penahanan keduanya terkait kasus studi banding 123 kepala desa se-Kabupaten Muna tahun anggaran 2015 senilai Rp 1 miliar 230 juta. (m2)

To Top