Beranda

APBD Sultra 2017 Sebesar Rp 3,5 triliun Disetujui DPRD

KENDARI, BKK – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2017 senilai Rp 3,5 triliun telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pesetejuan itu dilakukan tepat waktu, setelah melalui proses pembahasan dan pandangan akhir fraksi di lembaga legislatif tersebut.

Melalui rapat paripurna, Senin (19/12), ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan Gubernur Sultra, Nur Alam, telah melakukan penandatanganan persetujuan dan pengesahan APBD 2017 menjadi peraturan daerah.

Berita acara yang dibacakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sultra, Nasruan menyebutkan, APBD Sultra tersebut akan mengalami defisit Rp 51,9 miliar.

Sementara itu, dalam sambutannya Nur Alam mengatakan, APBD memiliki peran penting dalam membangun daerah. Namun, tentu harus dikelola dengan baik oleh masing-masing pihak yang diberikan tanggung jawab.

“APBD harus dijalankan dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Saya berharap setiap Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) agar mengelola anggaran  dengan tertib dan profesional,” ujar Nur Alam.

Dalam mengelolah  APBD, lanjutnya, DPRD dan Pemerintah Provinsi Sultra harus terus membangun sinergitas. Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

“Pemerintah dan DPRD hanya terpisah dalam dua bilik, namun koordinasi dan konsultasi harus terus dibangun,” tuturnya. (nur)

To Top