Suksesi

Alasan Bupati Muna Tetap Dukung Ikhsan-La Nika di Pilkada Mubar

KENDARI, BKK – Dukungan Bupati Muna, Rusman Emba di pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Muna Barat (Mubar),  tetap dialamatkan ke pasangan Ikhsan-La Nika. Padahal, sebagai pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia mestinya mendukung LM Rajiun Tumada-Ahmad La Mani.

Dukungan itu pun diberikannya secara terang-terangan. Bahkan ia mempunyai alasan tersendiri atas pilihannya untuk tetap medukung paslon di luar usungan partainya tersebut.

“Sebelumnya ada juga protes mengenai mendukung calon yang bukan diusung dari PDIP sebagai paslon Bupati Mubar. Kalau itu persoalan, banyak hal dan ada hal yang subtansial persoalan terakomodasi kepada pihak atau pada calon-calon tertentu,” katanya saat ditemui di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Senin (19/12).

Dikatakannya, dirinya memberi dukungan kepada Ikhsan-La Nika bukan tanpa alasan, sebab La Nika telah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP. Sementara Rajiun Tumada yang kemudian diusung PDIP adalah ketua partai lain.

“Sehingga, tentu kami juga melihat sudut pandang yang berbeda. Rajiun Tumada sebagai calon yang diusung tentu diharapkan untuk membesarkan PDI-P, namun ternyata terkuak bahwa Rajiun merupakan ketua dari salah satu partai sehingga terkesan ada pembohongan terhadap PDIP,” ungkapnya.

Saat ini, akunya,  La Nika telah mengusulkan untuk menjadi pengurus PDIP dan masih dalam proses. Meski belum  resmi  menjadi pengurus, namun La Nika telah memiliki KTA partai banteng moncong putih itu.

Persoalan lain sehingga dirinya tetap mendukung paslon nomor urut 1 tersebut, sebab dirinya memiliki hubungan keluarga yang dekat. Bukan persoalan  dendam terhadap Rajiun yang tidak mendukungya saat menjadi Calon Bupati Muna di Pilkada 2015 lalu.

“Ini merupakan masalah politik yang setiap orang itu harus dengan tegas menyatakan sikap dengan mendukung salah satu paslon. Itu persoalan lain lagi. Bahkan saya telah menyampaikan secara lisan kepada pengurus PDIP kalau mendukung paslon di luar yang diusung PDIP, bukan berarti saya membelakangi sikap partai melainkan semangat saya adalah untuk semata-mata membesarkan PDIP di Sultra terutama di Kabupaten Muna dan Mubar nantinya,” pungkasnya

Upaya untuk memenangkan paslon Ikhsa-La Nika  di Pilkada Mubar, tambahnya, ia telah memiliki langkah-langkah politik dan telah menyiapkan strategi-strategi khusus untuk memenangkan pilkada yang akan dihelat Februari 2017 mendatang.

Mengenai rencana cuti untuk mengkapanyekan paslon yang didukungnya itu, Rusman mengaku belum merencanakannya.  (m2/c/nur)

To Top