2017, Kolaka Kembangkan Wisata Sungai Terpendek di Dunia – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

2017, Kolaka Kembangkan Wisata Sungai Terpendek di Dunia

IRMAN/BERITA KOTA KENDARI

INFRASTRUKTUR WISATA. Obyek wisata sungai terpendek di dunia, Sungai Tamboraasi, di Kecamatan Iwoimendaa yang menjadi prioritas pembangunan sektor pariwisata tahun 2017.

KOLAKA, BKK– Pemerintah Kabupaten Kolaka akan memprioritaskan peningkatan pembangunan infrastruktur wisata pada tahun 2017, mulai dari Mangolo hingga Tamboraasi.

“Kami sudah anggarkan lebih dari Rp 3 miliar di tahun 2017, guna peningkatan infrastruktur di bidang pariwisata,” kata Bupati Kolaka H Ahmad Safei, Senin (19/12).

Bupati mengungkapkan, pada daerah wisata di sungai Tamboraasi yang populer dengan istilah sungai terpendek di dunia, Pemkab di tahun sebelumnya sudah membangun infrastruktur pendukung dalam memberikan kenyamanan para wisatawan yang datang. Fasilitas yang sudah ada ini akan ditingkatkan tahun 2017. Sama halnya akan dilakukan pada sejumlah tempat wisata lainnya.

“Wisata pesisir pantai seperti Kayu Angin juga kita tingkatkan infrastrukturnya, begitupun dengan TWA Mangolo. Jadi intinya kita fokus dulu dalam peningkatan infrastrukturnya,” ungkapnya.

Menurut Safei, jika fasilitas wisata sudah memadai, dipastikan wisatawan akan datang dan merasa nyaman. Ini dilakukan sebagai upaya dalam menggenjot sektor wisata sebagai penopang utama dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau kita berbicara masalah pengembangan wisatan, berarti kita harus sabar untuk mencapai itu. Sama dengan apa yang terjadi saat ini di Kolaka, kita harus bersabar, karena objek wisata itu beda dengan program lainnya. Intinya kita harus sabar,” katanya.

Karena itu, yang akan dilakukan Pemkab Kolaka saat ini menurut Bupati, adalah proses menuju era di mana Kolaka akan dikenal sebagai daerah wisata yang handal. Namun potensi lain seperti pertambangan, pertanian, perkebunan yang sudah lebih dahulu dikenal, juga tetap diperhatikan.

Di tempat terpisah, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kolaka Akbar Dili memberikan apresiasi atas upaya Bupati Kolaka yang memiliki kepedulian pada sektor wisata, apalagi wisata di Kolaka sangat menjanjikan dan berpotensi untuk menjadi salah atu sumber PAD.

“Terkait dengan masalah peningkatan infrastruktur tempat wisata tahun 2017 yang akan dilakukan oleh Pemda, itu merupakan langkah maju dan luar biasa. Kami dukung hal itu,” kata Akbar Dili. (cr3/b/aha)

To Top