Stikes Avicenna Terapkan Nilai-Nilai Religius Kepada Jajarannya – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Stikes Avicenna Terapkan Nilai-Nilai Religius Kepada Jajarannya

Ketua yayasan, dosen dan staf sekolah tinggi ilmu kesehatan Avicenna

KENDARI, BKK– Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Avicenna bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama menyelenggarakan kegiatan peringatan  hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/2016 M. Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa, staf, beserta dosen di kampus tersebut.

Ketua Yayasan Stikes Avicenna, Marzuki Bantayan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan menciptakan suasana religius di wilayah Stikes Avicenna. Selain itu, memperingati Maulid Nabi Muhammad dianggap suatu kewajiban umat Muslim.

“Kita jadikan Nabi Muhammad sebagai suri tauladan dalam kehidupn sehari-hari kita dan dunia kampus,” ujar Marzuki saat ditemui di sela-sela kegiatan di Stuikes Avicenna, Sabtu (17/12).

Ia melanjutkan, inti dari kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw adalah untuk lebih mendekatkan seluruh jajaran Stikes Avicenna denga suasana religius. Sehingga, kegiatan akademik di Stikes Avicenna dapat dibarengi dengan iman.

“Yang lainnya dan dosen merupakan suri tauladan bagi mahasiswa,  sehingga adanya kesinambungan dalam kehidupan kita dan keseharian kita. Harapan kita dosen, dan dosen pembimbing dapat berperan, Rasulullah adalah adalah tauladan tertinggi dan pimpinan merupakan suri tauladan bagi dosen,” harapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh Ali Irfan mengatakan,  keteladanan terhadap Rasullullah penting digambarkan dalam kehidupan para mahasiswa. Melalui kegiatan ini sudah tergambar keteladanan Rasullah tersebut sudah diterapkan di Stikes Avicenna.

“Dengan nilai-nilai keagamaan yang  diamanatkan oleh Ketua Avicenna dalam kegiatan keseharian, seperti ibadah yang  dilakukan bersama dosen dan mahasiswa. Saya melihat ada etika yang dijalankan  oleh mahasiswa ketika menjadi para bidan dan perawat,” ungkap Ali Irfan.

Ia mengakui, ia tidak pernah melihat perguruan manapun termasuk perguruan tinggi Islam yang memiliki sekolah kesehatan yang menerapkan nilai-nilai agama yang seperti Avicenna terapkan. Sebab hal ini tergantung dari kepemimpinan perguruan tinggi yang memahami nilai-nilai agama.

“Ini merupakan kebanggaan bagi saya serta saya dapat mengambil pelajaran yang berharga. Saya berharap kepada ketua yayasan ayo kita berkerja dengan sinergi dengan kementerian agama. Saya harapkan wisudawan avicenna diberikan ijazah setelah pengabdian mereka terhadap masyarakat pedalaman mereka terapkan  agar kepedulian tamatan daerah pedalaman itu bisa digunakan,”tutupnya.(p12/c/nur)

To Top