Headline

RJPMDes Tomoahi Libatkan Tim Ahli

BURANGA, BKK – Untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi dalam penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Pemerintah Desa (Pemdes) Tomoahi menghadirkan pendamping ahli dari Pemkab Buton Utara. Tim ahli ini diharapkan dapat membantu pemerintahan desa dalam mencapai sasaran programnya.

Pembahasan RPJMDes bersama tim ahli tersebut telah dilaksanakan di balai desa setempat, Minggu (11/12) lalu. Selain membahas RPJMDes, para tim ahli juga dilibatkan dalam penyusunan anggaran desa, terutama Rencana Kegiatan Pembangunan Desa, Anggaran Pendapatn dan Belanja Desa, dan Badan Usaha Milik Desa.

Koordinator Tenaga Ahli Pemkab Butur, Masirudin dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa tim ahli ini merupakan amanat UU No 6 tahun 2014 tentang Desa yang dikenal dengan istilah pendamping desa. Tugas pokok pendamping desa yang utama adalah mengawal implementasi UU Desa dengan memperkuat proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa.

“Desa ini akan mengelola anggaran kurang lebih 800 juta, jadi kita harus menyusun program 2017 agar anggaran tersebut tepat sasaran. Tanpa perencanaan, akan terjadi simpang siur pola keuangannya,” katanya.

Untuk proses pencairan dana desa, Butur tergolong terbaik di Sulawesi Tenggara. “Ini keberhasilan semua unsur, terutama pemerintahan daerah, di mana komunikasi yang terjalin berjalan dengan baik sehingga segala sesuatu mengenai pencairan dana bisa terealisasi,” pungkasnya.

Dibandingkan dengan daerah lain di Sultra, tambahnya, masih ada 5 daerah yang hingga saat ini belum seratus persen pencairan dananya. Itu dikarenakan masih banyak hal yang belum terpenuhi.

“Kita di Butur Alhamdulillah, ini karena kiat-kiatnya pemerintah daerah dan didukung oleh masyarakat, akhirnya mendapatkan peringkat pertama dalam pengelolaan anggaran 2016 di Sultra,” ujarnya.

Atas keberhasilan itu, tanggal 16 Desember mendatang, Bupati Butur Abu Hasan diundang oleh Pemprov Sultra untuk memaparkan kiat-kiatnya. Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh seluruh kepala bidang pemerintahan desa se Sultra, Kepala BPMD Sultra, serta tenaga ahli pendamping desa se Sulawesi Tenggara. (k5/c/aha)

To Top