Perkuat Bisnis Berbasis Digital – Berita Kota Kendari
Beranda

Perkuat Bisnis Berbasis Digital

Penyerahan plakat dari BI Sultra kepada DPRD Sultra.

KENDARI, BKK- Dalam semangat untuk bersinergi, Bank Indonesia (BI) akan mengoptimalkan bauran kebijakan untuk memperkuat stabilitas ekonomi. Pada sisi kebijakan moneter, BI secara konsisten mengendalikan inflasi agar sesuai dengan sasaran.

Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) BI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dian Nugraha mengatakan, dalam setahun terakhir, setidaknya terdapat beberapa potensi domestik yang perlu dioptimalkan untuk menjawab permasalahan ekonomi. Salah satunya, sumber pembiayaan ekonomi yang besar yang teridentifikasi dari program pengampunan pajak.

“Potensi ini dapat menjadi momentum kuat untuk mendukung pembiayaan ekonomi dan mempercepat reformasi perpajakan, sebagai modal penting untuk memperluas ruang fiskal secara sehat,” ujar Dian Nugraha dalam keterangan resminya di pertemuan tahunan BI 2016 di Plaza Inn Hotel Kendari, Senin (5/12).

Ia menyebutkan, beberapa potensi domestik lainnya yang harus dioptimalkan antara lain perkembangan teknologi digital serta kepercayaan dan keyakinan yang tinggi dari pelaku ekonomi terhadap pemerintah. Ia meyakini, ketiga potensi tersebut dapat memperkuat dan menggandakan manfaat dari potensi SDA dan potensi SDM yang sudah dikelolah terlebih dahulu dan menjadi perioritas.

“Optimalisasi potensi tersebut tentu pada akhirnya akan memperkuat resiliensi peremonomian. Khusus untuk potensi SDM, kami melihat Sultra memiliki potensi SDM yang cukup memadai untuk menggerakkan perekonomian,” ungkap Dian Nugraha.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Sultra Abdul Rahman Saleh mengungkapkan, transformasi ilmu pengetahuan harus dimiliki oleh masyarakat Sultra. Selain itu, kebijakan yang dikeluarkan harus ditopang dengan sinergi antara BI, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Mudah-mudahan, postur anggaran yang disediakan betul-betul dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada pemerintah kabupaten/kota agar mendukung program BI di beberapa daerah di Sultra. Misalnya, jika BI membuat program klaster sapi maka pemerintah setempat harus mendukung program tersebut.

“Kami juga bersama pemerintah provinsi akan selalu berupaya membantu dalam menjaga stabilitas perekonomian kita, serta bekerja keras demi terwujudnya masyarakat Sultra sejahtera,” tandasnya. (p11/b/nur)

To Top